Sukses

PAN-PPP Dukung Sandiaga Nyapres, Golkar Tetap Airlangga

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno dilirik oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk jadi calon presiden (Capres) 2024 dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan, kemungkinan tersebut ada. Tetapi Golkar sampai hari ini konsisten untuk mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto.

"Ya semua kemungkinan ya yang terpenting buat partai Golkar adalah bahwa kita konsisten dengan hasil Munas," ujar Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Ace menegaskan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan membahas bersama calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung.

"Soal nama-nama siapapun nanti akan dibahas bersama ketum parpol," ujarnya.

Ketua umum di KIB memiliki kewenangan penuh untuk menentukan calon presiden dan calon wakil presiden. Tokoh memiliki potensi khususnya efek elektoral akan dipertimbangkan. Termasuk nama tokoh partai di luar KIB.

"Nanti bisa ditanyakan mereka tapi yang jelas siapapun harus memiliki efek elektoral bagi capresnya sehingga dan tentu dapat membangun kinerja capres terutama dalam konteks visi yang telah disampaikan oleh KIB," jelas Ace.

KIB akan membahas penentuan calon presiden dan calon wakil presiden di chapter akhir. Kemungkinan akan dibahas menjelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden pada tahun depan.

"(Bahas capres-cawapres) menjelang pendaftaran," imbuh Ace.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

KIB Buka Peluang Tokoh Non-Partai

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR dan Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menuturkan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terbuka untuk mengusung tokoh partai maupun non partai untuk diusung sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Kalau KIB semua terbuka, termasuk bang Sandi terbuka dong," ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Bahkan Yandri berkelakar, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto juga bisa diusung oleh KIB. "Termasuk pak Prabowo juga terbuka. Ini biar rame aja," katanya sambil tertawa.

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS