Sukses

Komnas HAM Periksa Ferdy Sambo dan Bharada E di Mako Brimob Sore Ini

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Komnas HAM Choirul Anam membenarkan, pihaknya akan menyambangi Mako Brimob di Depok untuk memeriksa Ferdy Sambo. Diketahui, yang bersangkutan akan digali keterangannya soal kematian ajudannya, Brigadir Josua Hutabarat.

“Ya benar (akan memeriksa Ferdy Sambo),” kata Anam saat dihubungi wartawan, Jumat (12/8/2022).

Anam menambahkan, pemeriksaan diagendakan pukul 15.00 WIB. 

Sementara,  Polri menyatakan selain Ferdy Sambo, Komnas juga akan memeriksa Bharada Richard Eliezer (RE) alias E di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Hal itu dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

"Hari ini Komnas HAM akan periksa FS dan RE di Mako Brimob pukul 15.00 WIB," tutur Dedi kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Dedi menyatakan, Bharada E masih ditahan di Bareskrim Polri. Kehadirannya di Mako Brimob hanya sebatas agenda pemeriksaan Komnas HAM saja.

"Hanya periksa saja," kata Dedi.

Selain itu, pemeriksaan rencananya juga akan dilakukan paralel dengan sang istri, Putri Chandrawathi.

“Iya (rencana pemeriksaaan terhadap Putri Candrawathi), waktunya siang,” jelas Komisoner Komnas HAM yang lain, Beka Ulung dalam keterangan terpisah.

Meski demikian, belum dikonfirmasi tempat pemeriksaan untuk Putri. Beka mengaku masih terus berkordinasi apakah akan diperiksa di kediaman Putri di Duret Tiga atau di Kantor Komnas HAM.

“(Tempat) kita belum tahu,” Beka menutup.

Diketahui, Putri akan diperiksa untuk menggali informasi tentang fakta dibalik kematian Brigadir Josua Hutabarat yang terjadi sebulan lalu di rumah dinas Ferdy Sambo. Informasi diterima dari Putri akan melengkapi hasil investigasi Komnas HAM untuk menyusun rekomendasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Timsus Periksa Ferdy Sambo

Sebelumnya, Penyidik tim khusus (Timsus) Polri melakukan pemeriksaan perdana Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir J. Pemeriksaan digelar di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Kamis 11 Agustus 2022.

"Hari ini, penyidik timsus melakukan pemeriksaan terhadap Irjen FS sebagai tersangka di Mako Brimob," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Kamis 11 Agustus 2022.

Selain itu, kata Dedi, penyidik tim khusus juga melakukan pemeriksaan terhadap tersangka lainnya yakni, KM di Gedung Bareskrim Polri.

"Pemeriksaan kedua dilakukan kepada KM sebagai tersangka di Bareskrim," ujar Dedi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS