Sukses

Gelar Pertemuan Bilateral, Jokowi dan Presiden Timor Leste Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi

Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta. Kedua pemimpin negara akan membahas penguatan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa (19/7/2022). Kedua pemimpin negara akan membahas penguatan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi.

"Dalam pertemuan ini, secara khusus saya ingin membahas penguatan kerjasama bilateral khususnya, di bidang ekonomi," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan pembuka sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa.

Selain itu, Jokowi akan menyinggung beberapa isu kawasan dalam pertemuan ini. Dia juga menyampaikan selamat datang di Indonesia kepada Presiden Ramos-Horta dan para delegasi Timor Leste.

"Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan luar negeri pertama presiden Ramos-Horta," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Jose Ramos-Horta baru dilantik menjadi Presiden Timor Leste pada Mei 2022 lalu. Namun, dia pernah dia sebelumnya juga pernah menjadi Presiden Timor Leste pada periode 2007-2012.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan Diplomatik Indonesia-Timor Leste Sudah Berjalan 20 Tahun

Adapun hubungan diplomatik Indonesia dan Timor Leste sendiri sudah berjalan selama 20 tahun. Rencananya, ada empat naskah kesepahaman atau MoU yang akan diteken kedua negara.

Mulai dari, bidang pertanian, pergerakan lintas batas bis, standarisasi dan meteorologi. Kemudian, kerja sama teknis di bidang perdagangan.

Saat ini, Jokowi dan Presiden Ramos-Horta sedang melakukan pertemuan bilateral. Setelah itu, kedua pemimpin negara diagendakan akan menyampaikan pernyataan pers bersama.

Dalam kesempatan ini, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kemudian, Duta Besar RI untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik

 

3 dari 3 halaman

Jokowi dan Presiden Timor Leste Lakukan Penanaman Pohon Bersama

Presiden Jokowi menerima Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/5/2022). Rangkaian penyambutan Jose digelar di Istana Kepresidenan Bogor mulai pukul 10.00 WIB.

Jose disambut dengan pasukan yang terdiri atas pasukan dari pakaian daerah, berkuda, serta marching band yang mengiringi kendaraannya dari gerbang masuk. Kemudian, Jose berhenti dan disambut Presiden Jokowi di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor.

Berikutnya, Jokowi dan Jose melakukan dengan upacara penyambutan kenegaraan yang diiringi dengan lagu kebangsaan dua negara. Selain itu, terdengar 21 dentuman meriam yang diakhiri dengan pengenalan masing masing delegasi dari setiap negara .

Kemudian, mantan Wali Kota Solo itu dan Jose melakukan sesi foto bersama. Setelahnya, Jose Ramos Horta menandatangani buku tamu kenegaraan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Presiden Ramos melakukan penanaman pohon bersama dihalaman belakang istana Kepresidenan Bogor.

Setelah melaksanakan penanaman pohon bersama, keduanya melakukan pertemuan tatap muka atau veranda talk di halaman belakang istana Kepresidenan.

Usai melakukan pertemuan tatap muka, kedua pemimpin negara melaksanakan pertemuan bilateral dengan delegasi masing masing diruang oval istana Kepresidenan Bogor.

Keduanya lalu menyaksikan naskah atau nota Kesepahaman yang akan di tanda tangani. Berikutnya, kedua pemimpin negara akan melaksanakan keterangan pers bersama.

Penyambutan kenegaraan Jose ini akan ditutup dengan jamuan santap siang kenegaraan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.