Sukses

DKI Jakarta dan Jawa Barat Siap Sukseskan Y20 Summit 2022

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan kesiapannya mendukung suksesnya acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20. Acara ini akan diselenggarakan di DKI Jakarta dan Bandung, Jawa Barat.

Y20 merupakan platform bagi pemuda delegasi 20 negara menyampaikan aspirasinya untuk kemudian disampaikan kepada para pemimpin dunia saat puncak KTT G20 di Bali.

Gubernur Anies berharap nantinya KTT Y20 menghasilkan rekomendasi kebijakan yang disebut komunike Y20.

"Kami mendukung penuh kegiatan KTT Y20 ini, dan kami berharap teman-teman nantinya bisa menghasilkan komunike yang bisa diteruskan kepada presiden yang menjadi pemimpin G20," ujar Anies dalam diskusi virtual, Sabtu (2/7/2022).

Menurut Anies, pemilihan DKI Jakarta sebagai salah satu lokasi puncak KTT Y20 sudah tepat. Pasalnya DKI Jakarta merupakan kota yang sangat beragam baik dari sisi sosial maupun ekonomi.

"Kami berharap dan akan siap mendukung. Jakarta ini adalah kota yang sangat beragam dari sisi latar belakang sosiologis maupun ekonomis," kata dia.

Anies juga menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap siap memfasilitasi agar para delegasi dari 20 negara peserta merasakan pengalaman yang luar biasa di Ibu Kota.

"Banyak fasilitas yang bisa menjadi pengalaman untuk semua. Misi kita di Jakarta adalah mendorong agar kota ini menjadi kota global, salah satunya adalah menjadi tempat peristiwa global terjadi. Y20 ini merupakan salah satu peristiwa global," kata dia.

Senada dengan Anies, Gubernur Ridwan Kamil juga menyatakan kesiapannya menyukseskan puncak KTT Y20. Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, Jawa Barat sudah menyiapkan anggaran menyukseskan acara ini.

"Jabar suport bersama DKI menyiapkan anggaran miliaran rupiah, alhamdilillah. Gedung Konferensi Asia Afrika nanti kita siapakan, Konferensi Asia Afrika kita tahu sebagai simbol perlawanan ketidakadilan kolonialisme, spirit melahirkan gerakan global, tentunya spirit Bandung spirit gedung merdeka ini," kata dia.

Ridwan Kamil pun memberi saran dan masukan terhadap KTT Y20 yang akan membawa empat isu, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang layak huni dan berkelanjutan, serta keberagaman dan inklusi.

"Empat isu ini keren banget, jangan hanya selesai dibahas di Bali, di summit G20 saja, yang lebih penting adalah mempopulerkan empat isu ini ke anak muda. Kita populerkan empat isu ini melalii sosmed, video cinematik yang keren atau interaksi yang mendalam," kata Ridwan Kamil.

 

2 dari 2 halaman

Alasan Memilih Jakarta dan Bandung

Co-Chair Y20 Indonesia Nurul Hidayatul Ummah mengungkap alasan memilih DKI Jakarta dan Bandung sebagai tuan rumah summit Y20.

"Untuk summit Y20 kami memilih DKI Jakarta dan Bandung untuk menjadi perhelatan besar tuan rumah, kami ingin mengenalkan ibu kota negara yang baik. Kenapa Bandung, kami juga ingin memberikan kesan Indonesia memiliki kota yang sejuk penuh kreatifitas, kami ingin mengenalkan anak muda dari delegasi-delegasi untuk melihat bahwa Indonesia memiliki kota yang beragam," kata Nurul.

Nurul berterimakasih lantaran DKI Jakarta dan Bandung memberi dukungan penuh berjalannya acara KTT Y20. Dia juga berharap nantinya KTT Y20 bisa menghasilkan diskusi yang baik dan akan disampaikan kepada pemimpin dunia di KTT G20.

"Kami mengharapkan suporting sistem agar kegiatan ini berjalan dengan baik dan menghadirkan diskusi yang baik untuk dibawa di KTT G20 nanti," kata dia.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan
  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil
  • KTT Y20