Sukses

Usai Bertemu Pimpinan KPK, Demokrat Klaim Konsisten Latih Kader Antikorupsi

KPK memberikan pembekalan antikorupsi terhadap pengurus dan kader Partai Demokrat. Kegiatan serupa juga diberikan kepada kader parpol lain sebagai upaya pencegahan korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat mengikuti acara Politik Cerdas Berintegritas (PCB) dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung ACLC KPK di Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022).

Wasekjen Partai Demokrat Imelda Sari mengklaim, pihaknya konsisten melatih integritas para kader Partai Demokrat agar tak terjerat kasus korupsi.

"Partai Demokrat secara konsisten memang mendukung apa yang terkait dengan pelatihan-pelatihan dari kader untuk antikorupsi ini sejak 2016," ujar Imelda Sari.

Imelda menyebut, ribuan kader sudah mengikuti pelatihan dan memiliki komitmen dalam pemberantasan korupsi. Imelda mengatakan partainya sudah melatih seribu kader agar memiliki sikap antikorupsi.

Imelda berharap dengan pelatihan yang dilakukan KPK terhadap kader partai bisa membuat indeks persepsi korupsi Indonesia meningkat.

Selain itu, Imelda juga berharap pendidikan antikorupsi dari KPK ini berimbas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Kita harapkan juga kita akan semakin tinggi dalam indeks presepsi korupsinya sehingga kemudian juga kita harapkan juga bukan hanya kader tapi juga dalam sistem politik," kata Imelda.

Sementara itu, Bendahara Umum (Bendum) Partai Demokrat Renville Antonio mengatakan banyak materi yang diajarkan KPK dalam acara tersebut. Antonio menyatakan pihaknya bakal membawa materi dari KPK untuk pendidikan internal di Demokrat.

"Kita akan tindaklanjuti materi-materi di dalam pendidikan yang kita miliki jadi kami ada dua di diklat akademi Demokrat dan institut pendidikan Demokrat," tutur Renville.

Acara pembekalan antikorupsi ini digelar KPK untuk partai-partai peserta pemilu. Acara pendidikan antikorupsi terhadap Partai Demokrat ini dimpin Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

KPK Beri Pembekalan Kader PBB

Sebelumnya, KPK megangendakan pembekalan antikorupsi kepada pengurus Partai Bulan Bintang (PBB) pada hari ini, Kamis (2/6/2022). Agenda tersebut masuk dalam tema Politik Cerdas Berintegritas.

"KPK kembali selenggarakan kegiatan yang sama untuk para pengurus PBB baik di pusat maupun daerah," ujar Plt Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding.

Ipi mengatakan, acara digelar di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan. Acara berlangsung mulai 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar bakal mewakili pimpinan lembaga antirasuh dalam acara itu. Sementara, pimpinan dari PBB yakni Sekretaris Jenderal Afriansyah Noor yang dijawalkan hadir.

"Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor beserta pengurus DPP PBB dijadwalkan hadir secara langsung," kata Ipi.

Ipi megatakan, selain kader PBB Pusat, bekal antikorupsi ini juga diberikan untuk kader PBB daerah. Pengurus PBB di daerah bakal mengikuti acara ini melalui siaran daring.

"Para pengurus DPP atau DPW dan DPC akan mengikuti kegiatan pembekalan secara daring melalui akun Youtube ACLC KPK," kata Ipi.

Seluruh kader PBB yang mengikuti acara ini bakal diberikan pemahaman tentang tidak pidana korupsi. Mereka juga bakal diberikan pengetahuan tentang upaya penguatan integritas partai politik, dan pemanfaatan sistem integritas partai politik (SIPP).

"Selain itu juga akan ada sesi dialog membahas pembelajaran mandiri antikorupsi sektor politik secara elektronik dan rencana aksi sebagai tindak lanjut," ucap Ipi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.