Sukses

Terdengar Teriakan 'Help' Saat Putra Ridwan Kamil Terseret Arus Sungai Aare

Meski tim SAR sudah bergerak cepat, namun hingga saat ini pencarian masih belum berhasil. Kendati begitu, Muliaman masih optimis anak Ridwan Kamil akan ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat kabar buruk saat tengah kunjungan kerjanya ke Inggris, Kami 26 Mei 2022. Putra sulungnya yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dilaporkan hanyut terbawa arus Sungai Aare di Bern, Swiss.

Kepada media, adik dari Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, mengatakan sempat terdengar teriakan: "Help" atau Tolong saat insiden terjadi.

"Pada saat kejadian informasi dari keluarga, memastikan dua orang (yang berenang bersama Eril, adik dan temannya) sudah sampai. Mungkin ada sesuatu yang tidak terduga terbawa hanyut, Eril berteriak 'help'," kata Elpi saat jumpa pers daring, Sabtu (28/5/2022).

Eril menambahkan, keluarga yang mendengar hal tersebut langsung bertindak segera untuk melaporkan ke otoritas sungai terkait guna memberi pertolongan.

Dijelaskan secara terpisah oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, pertolongan cepat otoritas tim pencari atau search and rescue (SAR) langsung menyisir sungai dengan menerbangkan drome thermal. Muliaman mengatakan, penggunaan drone thermal guna mendeteksi suhu panas tubuh yang ada di dalam air.

“Mereka (Tim SAR) sudah melalukan pencarian darurat pada pukul 10 pagi waktu swiss, polisi menyampaikan telah membentuk tim yang menyisir area potensial di sunga, terdiri dari polisi sungai, polisi medis dan tim pemadam dengan sensor drone yang mendeteksi panas tubuh dan suhu air di sungai 16 derajat celcius dengan arus kuat," ujar Muliaman.

Meski tim SAR sudah bergerak cepat, namun hingga saat ini pencarian masih belum berhasil. Kendati begitu, Muliaman masih optimis anak Ridwan Kamil akan ditemukan.

"Pencarian Sabtu dan Minggu ini probabilitas (ditemukan) lebih tinggi karena banyak orang (wisata) ke sungai jadi masyarakat bisa membantu pencarian jadi kita terus berdoa," tutur Muliaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ridwan Kamil Tabah dan Sabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat kabar buruk saat tengah kunjungan kerjanya ke Inggris, Kamis 26 Mei 2022. Putra sulungnya yang bernama Emmeril Khan Mumtadz atau Eril dilaporkan hanyut terbawa arus Sungai Aare di Bern, Swiss.

Kepada media, adik dari Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, mengatakan, sang kakak langsung bergegas untuk bisa segera sampai ke lokasi kejadian. Namun, dia memastikan pria karib disapa Kang Emil ini tetap dalam kondisi tenang dan tabah.

"Beliau sekeluarga terpantau sehat, sabar dan tabah menghadapi ujian ini," kata Elpi kepada awak media saat jumpa pers daring, Sabtu (28/5/2022).

Elpi juga memastikan, saat Eril diketahui hanyut terbawa arus, otoritas penyelamat setempat juga langsung hadir di lokasi dalam waktu kurang dari 10 menit dalam rangka penyisiran dan pencarian.

"Saat mendengar laporan warga, mereka bergerak cepat dan kurang dari 10 menit, polisi sudah di lokasi," jelas Elpi.

Menurut keterangan Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad, Ridwan Kamil akhirnya tiba di lokasi pada malam harinya.

"Kejadian terjadi pada pagi hari, 9.40 waktu setempat, Pak Ridwan Kamil datang pada malam harinya. Saya juga mendampingi untuk menemui Tim Search and Rescue (SAR) kepolisian yang bertugas di lapangan, Tim SAR menegaskan pencarian sangat prioritas," jelas Muliaman saat jump pers senada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.