Sukses

Harkitnas 2022, Anies Baswedan: Kebangkitan Itu Dimulai dari Ruang Kelas

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam lawatannya, memenuhi undangan dari Dekan Urban School Sciences Po Tommaso Vitale di Paris, Perancis. Bersama Public Lecture lainnya, Anies dijadwalkan untuk memberikan kuliah tamu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bercerita, Sciences Po, atau nama lengkapnya The École Libre des Sciences Politiques menjadi salah satu kampus terbaik dunia untuk studi pemerintahan, politik dan internasional. Bahkan, lanjut Anies, Sciences Po menduduki peringkat dua di dunia pada 2021 lalu.

"Kampus ini memiliki peran yang sangat strategis dalam sejarah negara Prancis, didirikan di 1872 setelah perang Rusia-Prancis, dengan tujuan memberikan pendidikan tentang ekonomi, sosial, dan politik kepada generasi muda Prancis yang kelak membangun negara Prancis modern yang kita kenal saat ini," kata Anies melalui akun resmi Instagram @aniesbaswedan, Jumat (20 Mei 2022).

Anies menyatakan bahwa sebagian besar presiden hingga perdana menteri Perancis merupakan alumni Sciences Po. Termasuk presiden serta perdana menteri Perancis saat ini yang juga lulusan dari Sciences Po.

Sciences Po mengundang Public Lecture untuk membahas upaya kawasan urban besar seperti Jakarta dalam menghadapi permasalahan kota masa kini. Dalam kesempatan ini, Anies berbagi banyak hal mulai dari integrasi transportasi hingga efek climate change.

"Kami berkesempatan menceritakan secara detail tentang integrasi transportasi, upaya mengurangi dampak penurunan muka tanah dan efek climate change, serta komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan," kata Anies.

Menurut Anies, saat diskusi berlangsung, dia menemukan tradisi pembelajaran yang berbeda. Para peserta dengan antusias mengajukan pertanyaan mengenai strategi yang dilakukan Pemprov DKI terhadap segala permasalahan kota di Jakarta.

"Tradisi pembelajaran yang kuat di kampus ini tercermin dalam diskusi. Begitu banyak peserta aktif menanyakan pertanyaan detail dan strategis tentang tantangan dan strategi pemecahan masalah yang kita lakukan di Jakarta," katanya.

Di akhir kuliah, sebut Anies, jajaran pengajar dan mahasiswa menghampiri dan memberikan apresiasi terhadap pendekatan yang dilakukan Pemprov DKI di Jakarta. Kebijakan yang diambil dalam menyelesaikan tantangan yang dihadapi, Jakarta dianggap menggunakan ilmu pengetahuan dan data.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2022 yang jatuh pada Jumat, 20 Mei 2022, Anies menyatakan bahwa kebangkitan dan kemajuan bangsa dimulai di sekolah.

"Kebangkitan itu dimulai dari ruang kelas. Berbagai negara sudah membuktikan bahwa kemajuan bangsa dimulai dari sekolah-sekolah. Seperti yang dirintis oleh mahasiswa-mahasiswa STOVIA pada 20 Mei 1908," jelas Anies.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kunjungi Mural di Jerman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi mural yang menjadi penanda persahabatan Jakarta-Berlin, Jerman. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Anies selama kunjungan kerja ke Jerman.

"Di Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta dan di Heidestraße, Berlin. Terpampang mural Penanda Sister City dua kota," kata Anie melalui Instagram resmi @aniesbaswedan, Kamis (19/5/2022).

Mural persahabatan ini hanya berjarak 10 menit dari stasiun pusat, Berlin Hauptbahnhof. Selain itu, mural ini berada di kawasan Heidestraße yang menjadi jantung kota Berlin.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini bercerita, tempat inilah yang dulu jadi saksi bersatunya kembali wilayah barat dan timur kota yang terpisah Tembok Berlin. Tempat ini kemudian dikenal sebagai Europacity.

"Area ini dikenal sebagai “Europacity”, pusat bisnis yang dipenuhi gedung bercitarasa seni arsitektur tinggi serta ramah lingkungan," kata Anies.

Di Europacity pula, lanjut dia, seni mural mempertemukan seniman terbaik dari timur dan barat Darbotz dan Snyder Berlin. Mereka melukis mural persahabatan untuk Jakarta dan Berlin sesuai ciri khas masing-masing kota.

"Lukisan mural Darbotz menceritakan refleksinya terhadap keberagaman para penduduk Jakarta dalam menjalani kehidupan di ibu kota, sedangkan karya Snyder menggambarkan maskot kota Berlin serta lansekap urban yang dinamis serta kaya," jelas Anies.

Di Jakarta lanjut Anies, mural persahabatan terdapat di Terowongan Kendal, kawasan bisnis yang menjadi titik temu bermacam moda transportasi publik dan ramah pejalan kaki. Anies optimis kerja sama ini akan membawa dampak positif bagi Jakarta di masa depan.

"Ke depan kita optimis melalui kolaborasi dengan berbagai kota besar dunia semakin menguatkan langkah Jakarta sebagai kota bisnis berskala global," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Kunjungi Berlin

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan rangkaian perjalanan kerjanya ke Eropa dengan mengunjungi Balai Kota Berlin, Jerman, Selasa 17 Mei 2022. Pertemuan ini diisi dengan membahas kerja sama kedua kota di masa depan.

Anies bertemu Wali Kota Berlin Franziska Giffey yang didampingi oleh senator Stephan Schwarz. Selain itu, juga hadir jajaran pemerintah kota Berlin lainnya.

"Sejak tiba di gerbang depan Rote Rathaus, Balai Kota Merah Berlin, sambutan hangat dari tuan rumah sister city Jakarta ini langsung terasa," kata Anies melalui akun Instagram resmi @aniesbaswedan.

Anies diajak berkeliling dan diperlihatkan piala DFB-Pokal. Miniatur Balai Kota Berlin yang terbuat dari mainan lego juga tidak luput ditunjukkan.

"Sembari berjalan beriring di area bangunan merah ini, ia sempat menunjukkan piala DFB-Pokal dan miniatur balai kota yang terbuat dari Lego," kata Anies.

Anies bersama Pemkot Berlin membahas berbagai kerja sama. Dimulai dengan kerja sama ekonomi dan budaya, kolaborasi Jakarta Future City Hub hingga inovasi kota pintar.

"Usai itu, di antara jamuan makan siang, kami berbincang banyak hal yang terkait dengan hubungan Jakarta-Berlin. Selain soal berbagai kerja sama ekonomi dan budaya yang sudah dan akan berjalan, kami juga membahas tentang kolaborasi Jakarta Future City Hub," ujar Anies.

Anies menjelaskan bahwa Jakarta Future City Hub akan menjadi ruang kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Kota Berlin dalam mengatasi tantangan dan solusi keberlanjutan kota yang akan hadir di Jakarta melalui program Smart Change.

Dalam kesempatan yang sama, secara terpisah Anies menjelaskan Pemprov DKI Jakarta juga mengadakan pertemuan teknis dengan Pemerintah Kota Berlin dalam jumlah tim yang lebih kecil. Hal itu untuk membahas kerja sama mengenai smart city dan city branding.'

4 dari 4 halaman

Berkunjung ke Oxford

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi University of Oxford, Inggris, Senin 16 Mei 2022. Anies berdiskusi tentang sejumlah hal, salah satunya terkait potensi Asia Tenggara.

Pada kunjungan itu, Anies disambut oleh Head of Social Sciences Division Oxford University, Professor Tim Power, yang merupakan teman baik dosen pembimbingnya saat S3 di Northern Illinois University, Amerika Serikat.

"Kami diterima di Delegates Room yang berusia lebih dari 300 tahun, ruangan ini dulunya adalah lokasi Oxford University Press, Tempat Oxford English Dictionary pertama kali dibuat," kata Anies melalui akun resmi Instagram @aniesbaswedan (16/5/2022).

Dia membahas banyak hal seputar potensi Asia Tenggara yang dapat menarik bagi perkembangan dunia akademik maupun profesional.

Selain itu, Anies menyatakan sudah menjajaki kerja sama dengan Blavatnik School of Government untuk pengembangan kebijakan publik Jakarta.

"Di agenda terpisah, Pemprov DKI Jakarta juga menjajaki kerja sama dengan Blavatnik School of Government, khususnya mengenai pengembangan kebijakan publik Jakarta," kata Anies.