Sukses

Amankan Waisak, Polisi Terjunkan Tim Gegana di Wihara Tangerang

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Tangerang Kota melakukan pengamanan hari Tri Suci Waisak 2022 dengan sterilisasi di sejumlah wihara di Kota Tangerang, Senin (16/5/2022).

Setiap sudut ruangan di wihara disisir pasukan Gegana untuk memastikan tidak ada gangguan saat umat Buddha beribadah.

Dua wihara yakni Boen San Bio Jalan Bhakti Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang dan Boen San Bio Jalan KS Tubun Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, dilakukan sterilisasi sejak pagi. Tidak ada hambatan dan tidak ditemukan adanya barang yang membahayakan atau mencurigakan.

Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menjelaskan, upaya sterilisasi dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi umat Buddha dalam melakukan peribadatan Tri Suci Waisak hari ini, Senin (16/5/2022) yang juga merupakan hari libur nasional.

"Polri berkewajiban menjaga situasi aman pada setiap perayaan hari besar umat di Indonesia, di turunkannya pasukan Gegana guna memastikan tidak ada gangguan saat peribadatan Tri suci Waisak bagi umat Budha di Kota Tangerang," jelas dia.

Menurut Dwi, Kota Tangerang kerukunan umat beragama sangat terjaga dan terawat. Dia pun menjamin upaya pencegahan terhadap gangguan itu.

Dia menambahkan, Polres Metro Tangerang Kota dibantu anggota TNI dan Pemerintah Daerah mengamankan wihara yang ada di Kota Tangerang.

"Toleransi yang sudah terbangun dengan baik akan terus terjaga di Kota Tangerang," tandas Dwi.

2 dari 4 halaman

Jokowi di Hari Waisak: Semoga Cahaya Kebahagiaan Senantiasa Menerangi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Budha di Indonesia yang merayakannya pada Senin (16/5/2022).

Dia berpesan, dalam semarak hari Tri Suci Waisak, kesehatan masih menjadi impian masa depan bersama.

"Kesehatan dan kemajuan adalah impian terbesar yang hendak kita gapai saat ini dalam hidup yang penuh kedamaian dan kebersamaan," kata Jokowi, seperti dikutip dari akun Instagram resminya, Senin (16/6/2022).

Pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini pun berharap dan berdoa, agar cahaya kebahagiaan terus menerangi seluruh umat di dunia.

"Semoga cahaya kebahagiaan senantiasa menerangi jalan kita semua," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri AgamaYaqut Cholil Qoumas juga mengucapkan hal yang sama pada momen selamat hari Tri Suci Waisak hari ini.

Dalam kesempatan ini, dia mengajak momentum Waisak untuk terus memperkuat moderasi beragama, serta merekatkan tali persaudaraan antar sesama.

 

3 dari 4 halaman

Hari Raya Waisak 2022, Ribuan Umat Buddha Arak-arakan dari Candi Mendut ke Borobudur

Ribuan umat Buddha tumpah ruah dalam arak-arakan Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022). Arak-arakan digelar dari Candi Mendut ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jateng. 

Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) S Hartati Murdaya dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas peserta arak-arakan untuk mengiringi api dharma dan air berkah Tri Suci Waisak 2566 Buddhist Era tersebut.

Api dharma dan air berkah Waisak sebelumnya disemayamkan di Candi Mendut. Api dharma diambil dari Mrapen di Kabupaten Grobogan dan air berkah diambil dari Umbul Jumprit di Kabupaten Temanggung.

Gubernur menyapa peserta arak-arakan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan menyaksikan warga menonton arak-arakan di kanan kiri jalan.

"Mudah-mudahan ini bagian dari semangat untuk bisa kembali setelah dua tahun terpuruk tidak kemana-mana karena pandemi Covid-19," katanya.

"Kami berharap pada perayaan Waisak ini pokoknya semua bahagia," katanya menambahkan. 

Koordinator Perayaan Waisak 2566 BE di Borobudur, Ketua II Walubi Jawa Tengah Tanto Soegito Harsono, bersyukur perayaan Waisak bisa kembali digelar di Borobudur tahun ini.

"Dua kali kami absen melakukan Waisak di Borobudur, ini pertama kali. Kami sangat bersyukur sekali pandemi cepat berlalu sehingga umat Buddha bisa dengan suka cita merayakan Waisak, yang merupakan hari penting bagi umat Buddha, di Borobudur walaupun masih dalam skala terbatas," katanya.

Tanto menuturkan bahwa detik-detik perayaan Waisak akan dilangsungkan di halaman Candi Borobudur pada pukul 11.13.46 WIB. Acara perayaan Waisak akan ditutup dengan pelepasan lampion malam ini.

 

4 dari 4 halaman

Libur Waisak, Pengunjung Ancol Capai 27 Ribu Senin 16 Mei 2022 Siang Ini

Sementara itu, 27 ribu orang mengunjungi Ancol pada hari libur Waisak, Senin (16/5/2022) hingga pukul 12.00 WIB tadi. Hal itu disampaikan Corporate Communication PT Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho.

"Pengunjung Ancol per jam 12 ini, ada 27 ribu yang telah masuk Ancol," ujar Ariyadi saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (16/5/2022).

Menurut dia, pada awal 2022, rata-rata jumlah pengunjung di hari kerja sebanyak 6.000-7.000 orang. Sedangkan, jumlah pengunjung Ancol di akhir pekan rata-rata 20 ribuan orang.

"Ada sedikit kenaikan jika dibanding weekend reguler yang rata-rata di 20 ribuan (pengunjung)," kata Ariyadi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali menyampaikan, khusus untuk libur lebaran Ancol menyiapkan acara khusus bagi masyarakat.

Berbagai acara berlangsung selama 2-16 Mei 2022. Rangkaian acara ini dinamakan Raya Gembira 2022 Ancol.

"Pekan Libur Lebaran tahun ini kami harap bisa berjalan lebih baik dari tahun lalu. Kami akan optimalkan semua sumber daya untuk bisa memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku," ucap Sahir.

Dia juga mengungkapkan, pada pekan libur Lebaran tahun ini juga menjadi momen pemulihan dan kebangkitan pariwisata Ancol.