Sukses

Infografis Klaim Indonesia Sesungguhnya Sudah Menuju Endemi Covid-19

Berdasarkan sejumlah indikator dan dari data yang ada, Indonesia sesungguhnya sudah menuju endemi dari pandemi Covid-19. Begitulah klaim dari Menko PMK Muhadjir Effendy.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan sejumlah indikator dan dari data yang ada, Indonesia sesungguhnya sudah menuju endemi dari pandemi Covid-19. Begitulah klaim dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK Muhadjir Effendy.

Meskipun memang kasus Covid-19 sudah semakin membaik, dia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Mengingat kasus meninggal dan yang terjangkit juga masih ada.

Transisi pandemi Covid-19 ke endemi dipertaruhkan paling tidak dua minggu setelah libur Idul Fitri 2022. Apabila tidak ada tambahan kasus yang signifikan, maka menurut Muhadjir, virus corona di Indonesia akan segera menjadi endemi.

Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati mengingatkan pemerintah untuk membuat jalan mulus menuju endemi Covid-19 dalam bentuk roadmap yang terukur. Perlu ada indikator dan target waktu.

Kurniasih pun mengingatkan jika fase endemi bukan berarti penyakit Covid-19 tersebut hilang, tapi lebih terkendali. Sebab itu, publik harus tetap meneruskan kebiasaan baik dalam menjaga diri dan protokol kesehatan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan atau Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan, terlalu dini menyebut Indonesia sudah masuk tahap endemi. Menurut dia, yang lebih tepat, saat ini Indonesia berada pada tahap pengendalian pandemi Covid-19.

Pemerintah, lanjut Nadia, juga masih harus memastikan apakah betul kalau nanti dilihat pada periode tertentu, indikator-indikator dari pandemi Covid-19 memang benar-benar terkendali.

Seperti apa klaim Muhadjir? Bagaimana komentar sejumlah pihak terkait klaim tersebut? Apa saja usulan parameter timeline sebagai roadmap dari pandemi ke endemi Covid-19? Simak dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Klaim Indonesia Sesungguhnya Sudah Menuju Endemi Covid-19

3 dari 4 halaman

Infografis Menyiapkan Jalan Mulus Menuju Endemi Covid-19

4 dari 4 halaman

Infografis Indonesia Tidak Lagi Darurat Pandemi tapi Tidak Terburu-buru Endemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.