Sukses

Golkar, PAN, dan PPP Sepakat Koalisi untuk Pemilu 2024

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto didampingi Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa mengumumkan kesepakatan koalisi untuk Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa melakukan pertemuan di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022) malam.

Usai pertemuan yang berlangsung satu setegah jam itu, Airlangga menyatakan bahwa ketiga partai politik ini sepakat berkoalisi untuk Pemilu 2024. Adapun nama koalisinya adalah Koalisi Bertiga Bersatu.

“InsyaAllah (2024 bareng), namanya juga bertiga bersatu. Jadi bertiga bersatu, bersatunya itu adalah beringin, matahari, dan kabah,” kata Airlangga usai pertemuan, Jakarta, Kamis malam.

Airlangga menyebut, koalisi itu nantinya bukan hanya setingkat Pilpres, tapi juga hingga Pilkada. “Jadi kerja sama tiga partai ini mulai dari nasional, provinsi, kabupaten, kota dan kita mulai menyamakan program dan nanti,” kata dia.

“Tentunya kita akan belerja sama ke depan untuk mengawal agenda-agenda politik ke depan. Termasuk dalam pemilu nanti di 2024,” tambah Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian itu juga akan memerintahkan anak buahnya untuk bekerja sama dengan PAN dan PPP di tingkat daerah.

“Kami secara khusus dari Partai Golkar, meminta dan menginstruksikan kepada seluruh jajaran partai Golkar, baik tingkat provinsi, kabupaten, kota untuk menindaklanjuti pertemuan ini, dengan juga kerjasama dengan PAN dan PPP,” ucapnya.

Ia berharap kerja sama ketiga parpol bisa mendorong persatuan bangsa dan hindarkan politik identitas. “Semoga kerja sama ini mendapatkan ridho Allah SWT, karena kita akan mendorong persatuan dan menegasikan risiko akibat dari politik identitas,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sinyal Koalisi

Ketiga ketua umum partai politik (parpol) ini sempat melontarkan sinyal koalisi saat bertemu di Rumah Heritage Jakarta, Kamis (12/5/2022).

Berdasarkan pantuan, ketiganya memulai pertemuan dengan berbincang santai di ruang tamu bagian depan Rumah Heritage. Airlangga duduk di tengah, di sebelah kirinya ada Zulhas yang menggunakan peci dan kemeja putih, serta kanannya ada Suharso yang mengenakan batik berwarna dasar putih.

Di depannya, ada para pendamping ketua umum. Yaitu Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur, politikus PPP Mardiono, juga Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus dan Bendum Golkar Dito Ganinduto.

Setelah berbincang santai, ketiga bersulang. Mengangkat cangkir kecil berisikan teh lemongrass ketiganya kompak menyampaikan pesan bernada koalisi.

"Kita ini bertiga dan bersatu," ucap Airlangga di lokasi.

Usai Airlangga menyampaikan kata, ditimpali oleh Zulhas lalu terakhir ada Suharso.

"Koalisi perkuat persatuan," kata Zulhas.

"Untuk melanjutkan pembangunan," sambung Suharso.

Melanjutkan memberikan pernyataan, Airlangga menyampaikan sebuah pesan yang mengambil analogi lambang partai, yaitu pohon beringin, matahari, dan Kabah.

"Bersatu adalah beringin, surya alam, dan baitullah. Jadi kalo pohon beringin harus disinari oleh matahari, dia akan menjadi hijau dan kalau sudah tumbuh bisa sama-sama membangun dan melanjutkan mendapatkan Ridha Allah SWT," kata Airlangga.

Setelah itu, ketiganya melanjutkan pertemuan di ruangan di dalam Rumah Heritage. Pertemuan digelar secara tertutup dan masih berlangsung.

3 dari 3 halaman

Pertemuan Petinggi 3 Parpol

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan dua ketum partai politik di Rumah Heritage Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022) malam.

Adapun dia bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Berdasarkan pantauan Merdeka.com, ketiga ketua umum parpol itu tak datang berbarengan. Adapun Airlangga sendiri hadir lebih awal.

Airlangga yang hadir sekitar pukul 18.36 WIB itu mengenakan baju batik dan langsung masuk ke ruangan. "Nanti ya," kata dia.

Airlangga pun terlihat dua elite Golkar yang datang lebih awal, yaitu Sekjen Lodewijk F Paulus dan Bendahara Umum Dito Ganinduto.

Tak berapa lama, hadir juga Ketua Umum PAN Zulkfli Hasan yang mengenakan peci dan kemeja putih. Adapun dia hadir bersama, Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur sekitar pukul 18.49 WIB. "Mau ngopi dulu," kata pria yang akrab disapa Zulhas ini.

Sementara, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa datang belakangan sekitar pukul 19.05 WIB. Datang mendahului sang ketua, turut hadir politikus PPP Muhammad Mardiono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.