Sukses

Kali Pesanggrahan Dipenuhi Sampah, DPUPR Kota Depok Lakukan Normalisasi Kali

Liputan6.com, Jakarta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok kembali melakukan normalisasi Kali Pesanggrahan di Kecamatan Sawangan. Hal itu usai ditemukan sampah yang menumpuk di bawah jembatan penghubung Kecamatan Sawangan dan Cipayung.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, pelaksanaan normalisasi Kali Pesanggrahan telah dilaksanakan usai libur lebaran dan dilakukan hingga hari ini. 

Menurutnya, Kali Pesanggrahan kembali dipenuhi sampah yang hanyut terbawa air saat hujan.

"Kami lakukan normalisasi dan mengangkut sampah yang berada di Kali Pesanggrahan karena terbawa arus kali,” ujar Citra kepada Liputan6.com, Kamis (12/5/2022).

Citra menjelaskan, untuk melakukan pengangkutan material sampah dan sedimen lumpur Kali Pesanggrahan, DPUPR Kota Depok menurunkan Amphibi. Hal itu untuk memudahkan dan mempercepat pelaksanaan normalisasi kali Pesanggrahan.

"Sampah yang diangkut dari Kali Pesanggrahan yang dilakukan normalisasi sebanyak dua truk,” jelas Citra.

Citra mengungkapkan, sampah yang terangkut dari Kali Pesanggrahan akan dikirim ke TPA Cipayung. Pengangkutan material sampah diharapkan dapat mengembalikan kembali fungsi kali yang bergerak dari hulu ke hilir.

“Sampah yang tersangkut di jembatan kami angkut semua sehingga air Kali Pesanggrahan bisa normal kembali,” ungkap Citra.

 

2 dari 2 halaman

Mayoritas Sampah Rumah Tangga

Sampah yang berada di Kali Pesanggrahan merupakan sampah rumah tangga yang dibuang dari bagian hulu dan terbawa arus kali hingga ke wilayah Sawangan. Sampah yang hanyut terbawa arus sempat menyangkut di bawah jembatan penghubung jalan antara wilayah Kecamatan Sawangan dan Cipayung.

"Sampah yang menyangkut menyebabkan air tersumbat dan terjadi pendangkalan kali sehingga dapat meluap dan menggenangi rumah warga,” ucap Citra.

Citra meminta, DPUPR Kota Depok telah melakukan normalisasi Kali Pesanggrahan dapat normal kembali sebagai fungsi sungai. Selain itu, peran aktif warga sangat dibutuhkan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian kali.

"Warga dapat menjaga kali untuk tidak membuang sampah ke dalam Kali Pesanggrahan,” pinta Citra.