Sukses

Posko Mudik dari Enesis Group Siap Bantu dan Layani Masyarakat

Dua tahun berjuan melawan pandemi Covid-19, pada 2022 ini pemerintah akhirnya memberikan kelonggaran mudik Lebaran, dengan penyesuaian beberapa aturan.

Liputan6.com, Jakarta - Dua tahun berjuang melawan pandemi Covid-19, pada 2022, pemerintah akhirnya memberikan kelonggaran mudik Lebaran, dengan penyesuaian beberapa aturan. Antusiasme masyarakat untuk pulang ke kampung halaman melepas rindu pun tinggi.

Oleh karena itu, Enesis Group membuka posko mudik dan arus balik di beberapa titik di Pulau Jawa mulai Senin 25 April 2022 hingga Minggu 8 Mei 2022 untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat.

Menurut Chief Sales and Marketing Officer Ryan Tirta Yudhistira, posko mudik tersebut adalah program lanjutan dari posko nataru tahun lalu.

"Sebagai wujud komitmen perusahaan Enesis Group konsisten bersinergi dengan pemerintah untuk melayani negeri dan menyehatkan bangsa melalui program-program CSR, salah satu program CSR kali ini adalah dengan berkolaborasi bersama pemerintah mendirikan posko mudik," ujar Ryan melalui keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

"Posko Mudik lebaran kali ini menyediakan layanan dan fasilitas kebutuhan prokes bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sehingga pemudik aman dan nyaman, serta sehat saat tiba di tempat tujuan," sambung dia.

Kolaborasi yang tidak terhenti ini, menurut Ryan, dijalin bersama Kementerian Perhubungan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Posko Mudik Rileks Sehat Adem menyediakan layanan dan fasilitas yg dapat dinikmati oleh para pemudik seperti pijat rileksasi gratis bersama Plossa, membagikan moment mudik di Photobooth Adem Sari, dan mendapatkan semprot Kispray gratis untuk bebaskan kuman dan wangi tahan lama selama perjalanan," papar Ryan.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

25 Titik Posko Mudik Lebaran 2022

Adapun Posko Mudik Rileks Sehat Adem ini dapat ditemukan di titik-titik berikut:

1. Terminal Jatijajar, Depok

2. Teminal Pulo Gebang, Jakarta Timur

3. UPPKB Balonggandu, Karawang

4. Pelabuhan Merak, Banten

5. Pelabuhan Bakauheni, Lampung

6. Rest Area SPBU Utama Raya, Jawa Timur

7. Satpel UPKB Tanjung, Brebes

8. Terminal Tirtonadi, Solo

9. Terminal Purabaya, Surabaya

10. Selecta, Batu

11. UPPKB Losarang, Indramayu

12. Rest Area 88A

13. Rest Area 88B

 

3 dari 5 halaman

Ganjil Genap dan One Way di Tol Cikampek Berlaku Mulai Kamis 28 April 2022 Sore Ini

Skema aturan rekayasa lalu lintas ganjil genap dan one way (satu arah) akan mulai diterapkan Korlantas Polri mulai Kamis sore ini (28/4/2022).

Informasi tersebut disampaikan akun Instagram milik NTMC Polri @ntmc_polri, Kamis (28/4/2022).

Ganjil genap dan one way tersebut berlaku mulai pukul 17.00-24.00 WIB dari Tol Cikampek KM 47 sampai dengan Gerbang Tol (GT) Kalikangkung KM 414 di Semarang, Jawa Tengah.

"#sahabatlantas hari ini 28 April 2022 akan diberlakukan sistem Ganjil Genap dan One Way dari mulai KM 47 sampai dengan KM 414 pukul 17.00 - 24.00. Diharapkan untuk para pemudik mematuhi arahan petugas kami di lapangan 😊," tulis akun Instagram @ntmc_polri, Kamis (28/4/2022).

Sebelumnya, Korlantas Polri mulai menerapkan rekayasa lalu lintas one way dan ganjil-genap di jalan tol, Kamis (28/4/2022). Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengajak masyarakat mentaati aturan berlaku.

"Mari taati aturan one way beserta ganjil-genap ini. Ikuti petunjuk petugas di lapangan. Untuk pengemudi agar tertib jalur dan lajurnya," kata Eddy dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

Lebih lanjut, Eddy mengimbau para pemudik di jalan tol untuk tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Jika lelah diperjalanan, Eddy merekomendasikan rest area atau arteri sebagai tempat istirahat.

"Tidak berhenti di bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Silakan istirahat di rest area terdekat atau keluar ke arteri untuk istirahat. Setelah itu bisa masuk kembali ke jalur tol," imbuhnya.

 

4 dari 5 halaman

Alasan Diterapkannya Aturan Ganjil Genap dan One Way

Eddy menyebut aturan ini diberlakukan demi kelancaran mudik masyarakat di Lebaran 2022. Eddy berharap, one way dan ganjil-genap membuat pertemuan dengan keluarga menjadi nyaman.

"Dua rekayasa lalu lintas ini untuk kenyamanan masyarakat dan para pemudik bertemu keluarga masing-masing. Mudah-mudahan perjalanannya nyaman dan bahagia selalu," imbuhnya.

Eddy pun berpesan kepada masyarakat untuk berhati-hati di jalan. Dia mengingatkan masyarakat menjaga kondisi fisik dan kendaraan selama di perjalanan.

"Siapkan kondisi fisik dan pastikan dalam keadaan sehat wal afiat. Pastikan kondisi kendaraan yang digunakan siap pakai atau layak jalan, cek mesin, dan kelengkapan lainnya," jelas dia.

 

5 dari 5 halaman

Pantauan Arus Mudik: Jalan Tol Jakarta-Cikampek Mulai Lengang

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memantau langsung arus mudik lebaran 2022. Di sejumlah ruas tol Jakarta-Cikampek terpantau masih lengang.

Menurut pantauan Liputan6.com dari udara bersama Menhub, jalan layang tol Mohammed bin Zayed (MBZ) masih terlihat lengang. Belum ada kepadatan yang signifikan di jalur ini.

"Tadi kita lihat beberapa pergerakan ya, di MBZ tadi relatif landai," kata Menhub kepada wartawan di Pos Terpadu Cikopo, Kamis (28/4/2022).

Pemantauan yang dimulai dari pos Gadog hingga mendarat di Cikopo ini mayoritas terpantau lengang. Sementara, kepadatan mulai terjadi mendekati Rest Area KM 57 jalan tol Jakarta-Cikampek.

"Baru di Kilometer 57, disitu ada rest area, ada stagnasi. Jadi memang manajemen sirkulasi di rest area ini menjadi satu masalah ya," kata dia.

Sementara itu, gerbang tol Cikampek Utama juga terpantau masih lengang. Simpang menuju tol Purbalenyi juga terpantau lancar dan cenderung volume kendaraan tak terlalu banyak.

Kemudian, KM 72 - 105 terpantau diberlakukan contra flow guna mengurai kepadatan yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.