Sukses

Survei Capres 2024 LSJ: Prabowo Melejit, Anies dan Ganjar Saling Pepet

Lewat data yang dihimpun selama 18-28 Februari 2022 di 34 provinsi dengan total responden sebanyak 1225 orang, Prabowo mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai tiga teratas.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menduduki peringkat pertama dalam rilis terbaru Lembaga Survei Jakarta (LSJ) soal jajak polling calon presiden atau Capres 2024.

Lewat data yang dihimpun selama 18-28 Februari 2022 di 34 provinsi dengan total responden sebanyak 1225 orang, Prabowo mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai tiga teratas.

"Sebanyak 27,2% menyatakan akan memilih Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Kemudian 16,3% responden mengaku akan memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan 15,6% responden memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," kata Fetra Ardianto, Peneliti Senior LSJ saat memaparkan hasil survei secara daring, Senin (14/3/2022).

Menilai temuan tersebut, Fetra mengatakan, elektabilitas Prabowo terus melejit seorang diri, sejak survei Capres 2024 yang sama dilakukan LSJ dari 1,5 tahun lalu.

"Elektabilitas Prabowo selalu teratas dan tak tergoyahkan oleh para kompetitornya. Bahkan ada kecenderungan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dua kompetitor utama Prabowo, semakin stagnan," jelas Fetra.

Fetra menambahkan, pada urutan keempat dan kelima muncul nama Menparekraf Sandiaga Uno dengan perolehan suara responden sebesar 7,9% dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebanyak 5,8%. Fetra meyakini, kelima tokoh tersebut sudah menjadi mapan di menempati lima besar capres, bahkan hampir di semua survei, termasuk survei LSJ.

"Tokoh-tokoh lain kelihatannya seperti sulit menembus posisi the big five tersebut, apalagi menggoyahkan dominasi Prabowo Subianto di puncak elektabilitas," jelas Fetra.

Sebagai informasi, survei ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-stage random sampling), kemudian Margin of error survei LSJ ini adalah +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%. Serta pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka (face to face interview) dengan responden dengan bantuan kuesioner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Prabowo Puncaki Polling Survei

Menurut data yang dihimpun LSJ melalui jajak pendapat dengan para responden, mereka memiliki alasan kuat memilih Prabowo sebagai capres 2024. Pertama, Prabowo dinilai sebagai menteri dengan kinerja terbaik di atas menteri-menteri lain yang kinerjanya juga baik seperti Sandiaga Uno, Sri Mulyani, Nadiem Makarim, dan Erick Thohir.

Kedua, Prabowo Subianto dinilai publik sebagai salah satu tokoh nasional yang mampu menyelesaikan berbagai masalah nasional yang dihadapi Indonesia pasca kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Ketiga, satu-satunya tokoh nasional yang menjadi kompetitor terberat Prabowo Subianto adalah Jokowi. Kini Jokowi berdasarkan Konstitusi tidak lagi dapat mencalonkan diri sebagai Presiden RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.