Sukses

Alasan Perubahan Warna Seragam Satpam Menjadi Krem

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, seragam satpam berubah warna dari cokelat muda menjadi warna krem.

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Pengamanan (Satpam) mempunyai seragam baru. Ada perubahan pada baju yang awalnya berwarna coklat muda berubah menjadi krem.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan pergantian pada warna baju satpam setelah mendengar masukan dan saran dari masyarakat.

"Agar masyarakat tidak bingung dan tentu ini sebagai identitas satpam sendiri yang harus dibedakan merupakan kebanggaan daripada profesi satpam sehingga seragamnya harus berbeda antara Polri sebagai pembina dan satpam sebagai anggota yang dibina," kata dia di Mabes Polri, Jumat (4/2/2022).

Ramadhan menerangkan, seragam satpam berubah warna dari cokelat muda menjadi warna krem. Itupun hanya pada bagian baju sementara field cap dan tali pinggang tidak ada yang berubah.

"Jadi dari seragam satpam itu dari ujung kepala sampai ujung kaki itu perubahannya hanya pada baju saja," kata dia.

Ramadhan menegaskan, pengadaan seragam satpam bukan oleh institusi Polri namun diatur dalam kontrak kerja Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) dan pengguna satpam itu sendiri.

"Yang paling penting ini bukan dibebankan terhadap anggota satpam," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seragam Satpam Baru Warna Krem Disebut Mirip Polisi India

Seragam personel satuan pengamanan (satpam) yang baru belakangan ini menjadi sorotan di media sosial (medsos) dan perbincangan masyarakat.

Pasalnya, agar tidak membingungkan masyarakat, seragam satpam yang awalnya cokelat muda, sama seperti warna polisi, kini menjadi warna krem.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan beberapa waktu lalu.

"Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem," ujar Ahmad.

Di media sosial, salah satunya Twitter, beredar sebuah video yang memperlihatkan seragam satpam yang terbaru.

Memang, jika dilihat sekilas, warna atasan dari seragam tersebut nyaris mirip dengan polisi India. Meski begitu, terdapat perbedaan pada warna celana panjang.

Beredarnya video ini pun mendapatkan tanggapan dari netizen. Namun, tidak sedikit yang mengomentari seragam tersebut mirip dengan seragam polisi India.

"satpam rasa polisi India," tulis akun Twitter @TxtSerang, Minggu 30 Januari 2022 disertai unggahan video satpam mengenakan seragam baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.