Sukses

Jokowi: Masyarakat yang Sudah Divaksinasi 2 Kali, Segera Cari Vaksin Booster

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19 di fasilitas kesehatan. Dia meminta agar masyarakat yang sudah divaksin dosis kedua, segera mencari vaksin booster atau dosis ketiga.

"Yang sudah mendapatkan vaksin pertama, segera vaksin untuk yang kedua. Yang sudah dua kali vaksin, segera cari vaksin ketiga vaksin booster," kata Jokowi dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/1/2022).

"Hal penting di masa pandemi adalah vaksinasi, yang belum mendapatkan vaksin segeralah untuk divaksin," sambungnya.

Dia menekankan bahwa vaksinasi tidak dipungut biaya alias gratis. Jokowi menyampaikan pentingnya vaksinasi agar masyarakat tak terpapar virus corona.

Terlebih, saat ini kasus Covid-19 di Indonesia sedang melonjak naik akibat varian Omicron. Jokowi pun meminta masyarakat mewaspadai lonjakan kasus virus corona varian Omicron.

"Namun tidak perlu bereaksi berlebihan. berhati-hati perlu, waspada perlu. Tapi jangan menimbulkan ketakutan, dan jangan menimbulkan kepanikan," jelas Jokowi.

Seperti diketahui, vaksinasi booster telah dimulai pada 12 Januari 2022. Adapun vaksinasi booster akan diberikan kepada masyarakat usia 18 tahun ke atas yang sudah menerima vaksin dosis kedua, dengan jangka waktu lebih dari enam bulan.

 

2 dari 2 halaman

Diberikan Secara Gratis

Selain itu, vaksinasi booster akan diberikan kepada kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya telah memenuhi kriteria 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Presiden Jokowi memutuskan vaksin booster diberikan secara gratis kepada semua masyarakat Indonesia.