Sukses

Ini 10 Titik Posko Prokes di Kabupaten Bogor selama Perayaan Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 2.801 personel gabungan dari Polri, TNI, dan Pemda dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di wilayah Kabupaten Bogor.

Ribuan personel tersebut nantinya akan disebar di berbagai lokasi yang menjadi objek keramaian selama perayaan Natal dan Tahun Baru, antara lain gereja, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, serta titik keramaian lainnya.

"Akan didirikan juga 15 pos pengamanan dan 10 posko protokol kesehatan didirikan di beberapa lokasi," ujar Kapolres Bogor AKBP Harun, Jumat (24/12/2021).

Adapun 10 posko protokol kesehatan (prokes) berada di gerbang Tol Cigombong, gerbang Tol Caringin, gerbang Tol Ciawi, gerbang Tol Cibanon, gerbang Tol Bellanova, gerbang Tol Panca Karsa Sentul, Rainbow Hill, Simpang Gadog, Bendungan, dan Pasir Angin.

Sedangkan 15 pos pengamanan berada di wilayah Sukaraja, Cibinong, Gunung putri, Cileungsi, Citereup, Jonggol, Babakan Madang, Cisarua, Rindu alam, Ciawi, Megamendung, Cijeruk, Ciampea, Parung, dan Parung Panjang.

Kemudian dua pos area yaitu di KM 45 Ciawi dan KM 33 Sentul, delapan pos pantau wisata berada di kawasan Gunung Salak Endah, Parung, Babakan Madang, dan kawasan Puncak.

"Kami juga menyiapkan 4 pos pantau bencana yaitu daerah rawan seperti di Kecamatan Sukajaya, Kecamatan Nanggung, Kecamatan Babakan Madang, dan kawasan Puncak," terangnya.

2 dari 2 halaman

Jalur Puncak Ditutup saat Malam Tahun Baru

Menurutnya, petugas gabungan akan melakukan pengalihan arus di jalur Puncak. Penutupan jalur dilakukan pada malam tahun baru atau dimulai 31 Desember 2021 pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.

"Penutupan dilakukan di Simpang Pos Polisi IB atau setelah pintu keluar pintu Tol Ciawi.Kendaraan-kendaraan tersebut nantinya akan kita alihkan menuju arah Ciawi-Sukabumi," ujarnya.

Harun juga mengimbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan serta menghindari kerumunan.

"Di perayaan Natal dan Tahun Baru ini masih dalam Pandemi Covid-19," pungkasnya.