Sukses

Musim Penghujan, Baguna se Jabodetabek Dibekali Perahu Karet dan Ambulans

Hasto Kristiyanto pun menyampaikan salam dan pesan dari ketua umumnya Megawati Soekarnoputri bahwa Baguna harus siap bekerja di masa sekarang.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim penghujan di DKI Jakarta dan dalam menghadapi ancaman banjir, Badan Penanggulanan Bencana (Baguna) di tingkatan Jabodetabek dibekali sejumlah perahu karet dan motor roda tiga yang sudah dimodifikasi sebagai kendaraan logistik, pengangkut tangki air, hingga ambulans.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pun menyampaikan salam dan pesan dari ketua umumnya Megawati Soekarnoputri bahwa Baguna harus siap bekerja di masa sekarang.

"Ibu berpesan terhadap moto yang beliau tegaskan berulang kali bagaimana Baguna ini harus tanggap darurat, reaksi cepat, dan tepat sasaran serta mengedepankan sinergitas di antara kita semua di dalam penanggulangan, terutama pada saat krusial situasi darurat," kata dia di Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Menurut Hasto, pemberian bantuan ke Baguna se Jabodetabek ini hanyalah simbol. Seluruh wilayah juga diminta bersiap menghadapi situasi cuaca dan bencana di Indonesia.

"Simbol di Jabodetabek ini hanya menjadi momentum, tetapi di seluruh Indonesia, setiap DPC dan DPD wajib membentuk Baguna dan kami terus melakukan kemampuan teknis di dalam upaya pencarian dan pertolongan. Maka Ibu Mega berulang kali menegaskan sekurang-kurangnya satu kekuatan yang telah dilatih Basarnas dan BNPB harus diwujudkan PDIP dengan cara gotong royong," ujar Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dibekali Pelatihan

Sementara itu, Kepala Baguna Pusat Max Ruland Boseke menyatakan jajaran DPC Baguna se-Jabodetabek tidak hanya diserahkan perahu karet semata. Namun, ratusan anggota Baguna se-Jabodetabek sudah dilatih dan dibekali keterampilan pertolongan air menggunakan perahu karet sekaligus mengevakuasi rakyat.

Mantan Sekretaris Utama Basarnas itu juga menyampaikan pelatihan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta pelatihan menjalani tes Covid-19 sebelum dan sesudah acara.

Hadir dalam acara penyerahan bantuan dan apel itu sejumlah pengurus DPP PDIP dan Baguna. Di antaranya Ketua DPP Bidang Sosial dan Penanggunlangan Bencana PDIP Ribka Tjiptaning, Wasekjen Sadarestuwati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.