Sukses

Kala Kapolda Metro Jaya Sidak Pelayanan, Ingin Belajar dari Sekuriti Bank

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai tempat pelayanan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai tempat pelayanan masyarakat. Kunjungan itu diabadikan di dalam rekaman video dan diunggah di akun instagram @kapoldametrojaya.

Ada dua rekaman video yang dibagikan kepada pengikutnya yang berjumlah 47,6 ribu pengikutnya.

Rekaman video pertama menampilkan Fadil Imran didampingi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo berkunjung ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Metro Jakarta Selatan.

Irjen Fadil melihat langsung bagaimana anaknya buah melayani masyarakat. Fadil menyempatkan diri bertanya-tanya kepada seorang pembuat SCKC.

Fadil menyambangi seorang ibu muda yang sedang duduk di kursi antrean. "Mau buat SKCK bu," tanya Fadil.

"Iya pak," wanita itu menjawab.

Fadil melanjutkan maksud dan tujuan ibu membuat SKCK "mau kerja di mana," Fadil melanjutkan pertanyaan.

"Pemda," wanita itu kembali menjawab.

Fadil ingin tahu biaya yang dikeluarkan oleh si ibu itu untuk proses pembuatan SKCK. "Berapa biayanya?" ucap Fadil.

Wanita itu mengaku tidak mengetahui secara detail. Sebab, ia belum sampai ke tahap pembayaran. "Belum si pak, masih ini administrasi dulu berkasnya," jawab wanita itu.

Mendengar itu, Fadil Imran lantas menghampiri petugas loket. Terlihat seorang wanita berkerudung. Fadil menanyakan biaya pengurusan SKCK.

"Di sini, terus gimana. Mengisi itu? Bayar di mana bayarnya? Berapa bayarnya?" ucap Fadil.

"Rp 30 ribu jenderal," timpal wanita berkerudung yang ada di loket.

Fadil kemudian memancing petugas loket seandainya ada peminat SKCK yang mengeluarkan biaya berlebih. "Kalau dikasih lebih sama dia gimana," tanya Fadil sembari tersenyum.

"Ya dibalikin jenderal," jawab wanita itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belajar dari Sekuriti Bank

Selain itu, Fadil memantau proses pembuatan laporan di SPKT Polres Metro Jaksel. Fadil memastikan pembuatan laporan polisi (LP) tanpa embel-embel biaya alias gratis.

Terakhir Fadil mengecek pelayanan di bidang lalu lintas. Sama seperti sebelumnya. Ia juga melemparkan beberapa pertanyaan kepada warga yang datang seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus surat-menyurat. Di sela-sela itu, Fadil bertanya apakah mereka semua telah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Rekaman video lain yang dibagikan pada akun tersebut. Kala, Fadil Imran melihat-lihat pelayanan di Bank DKI.

Menariknya, Fadil justru ingin belajar dari sekuriti bank tersebut melayani nasabah. Fadil mengatakan akan mengadopsi sistem kinerja sekuriti bank ke jajarannya. Kedatangan Fadil disambut dua orang sekuriti bank.

"Saya mau belajar bagaimana bisa melayani dengan baik gitu," tanya Fadil ke salah sekuriti berseragam cokelat.

"Bisa rapi begini rambutnya, ini mengikat. Gak papa belajar sama satpam gak papa," lanjut Fadil.

Sekuriti menjawab "Siap, setelah pendidikan jenderal," ucapnya.

Fadil menanyakan langsung siapa yang mengajarkan para sekuriti menghadapi nasabahnya. "Terus kalau ada tamu yang datang, siapa yang mengajari. Selamat pagi bapak, selamat pagi ibu" ucap Fadil.

Sekuriti itu kemudian menjelaskan, ia dilatih oleh pihak Bank DKI. "Siap dari bank DKI pusat jenderal," sekuriti itu menjawab.

Bincang-bincang diakhir dengan foto bersama. Fadil imran berada di tengah sementara dua sekuriti tadi mendampingi di sebelahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.