Sukses

Gunung Semeru Meletus, Ma'ruf Amin Minta Warga Sekitar Terus Waspada

Wapres Ma'ruf Amin mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga korban dan seluruh masyarakat yang terdampak letusan Gunung Semeru.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan keprihatinannya atas musibah letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu 4 Desember 2021.

"Pertama kita tentu menyampaikan sangat prihatin dengan peristiwa ini dan ikut merasakan penderitaan yang dialami masyarakat yang terkena daripada meletusnya Gunung Semeru dan juga adanya korban," tutur Wapres Ma'ruf Amin di Bali, Minggu (5/12/2021).

Dia meminta kepada masyarakat agar terus waspada dan kepada para petugas untuk melakukan mitigasi bencana sedini mungkin tidak hanya terkait meletusnya Gunung Semeru tetapi juga bencana lainnya.

"Kepada masyarakat supaya waspada, bisa menghindari sedini mungkin (adanya) korban, dan juga kepada para petugas supaya mengantisipasi untuk meminimalkan tiap terjadinya bukan saja gunung meletus, tapi juga longsor, banjir, supaya masyarakat diberi peringatan untuk menghindari atau meminimalkan (dampak)," kata Wapres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Instruksikan Pencarian Korban

Ma'ruf Amin sebelumnya telah meminta kepada Menteri Sosial untuk segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak. "Pertama saya minta kepada Mensos supaya segera melakukan pemberian bantuan," perintahnya.

Wapres juga menginstruksikan BNPB agar melakukan langkah-langkah pencarian korban dan mengurus penyediaan tempat pengungsian.

"Kepada BNPB supaya mengambil langkah-langkah termasuk pengungsian, termasuk juga pencarian korban," ujarnya.

"Termasuk Ibu Gubernur bersama dengan Wali Kota, Bupati, (dan) semua Forkompimda baik di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten untuk bersama-sama menanggulangi ini," pintanya.

Adapun kepada Menteri Kesehatan, Wapres meminta agar segera menyiapkan dan memberikan pertolongan kepada para korban.

"Menkes supaya juga menyiapkan untuk penanggulangan perawatan, dan pencarian supaya terus dilakukan sesegera mungkin. Yang hilang dan korban-korban misalnya di rumah atau korban lainnya segera ditangani," perintahnya.

Wapres pun mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga korban dan seluruh masyarakat yang terdampak letusan Gunung Semeru.

3 dari 3 halaman

Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.