Sukses

Top 3 News: Reaksi Polri Usai Disentil Jokowi soal Kapolda-Kapolres Sowan ke Sesepuh Ormas

Polri menanggapi arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kapolda dan kapolres yang harus menjaga kewibaan di mata masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Polri menanggapi arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kapolda dan kapolres yang harus menjaga kewibawaan di mata masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Jokowi lantaran dia menyesalkan kapolda dan kapolres yang baru dilantik malah mendatangi sesepuh organisasi kemasyarakatan (ormas) yang kerap membuat keributan. Menurut Jokowi, kapolda dan kapolres harus menjaga kewibaan di mata masyarakat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengaku siap menjalankan arahan Jokowi harus menjaga kewibawaan di mata masyarakat.

Jokowi menegaskan, arahan Presiden Jokowi sangat jelas dan tegas bahwa menjaga wibawa institusi sangat penting.

Berita terpopuler lainnya adalah gempa bermagnitudo 4,4 mengguncang Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu 4 desember 2021. Lindu tersebut terjadi pada pukul 04.38 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, pusat gempa berada di 10 kilometer Timur Surabaya.

Selain itu, berita mengenai polisi yang terus menyelidiki kasus kematian mahasiswi Universitas Brawijaya Malang yang ditemukan tewas di makam ayahnya, Mojokerto, Jawa Timur, Kamis 2 Desember 2021 juga populer.

Dari hasil penyelidikan sementara, korban bernama Novia Widyasari Rahayu (23) diduga tewas akibat bunuh diri.

Curhatan Novia Widyasari Rahayu sebelum tewas viral di media sosial. Mahasiswi tersebut diduga diperkosa oleh kekasihnya sendiri yang merupakan seorang polisi.

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 4 Desember 2021:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Disentil Jokowi soal Kapolda-Kapolres Sowan ke Sesepuh Ormas, Ini Reaksi Polri

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono, mengatakan Polri siap menjalankan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait dengan kapolda dan kapolres yang harus menjaga kewibaan di mata masyarakat.

Rusdi menerangkan, arahan Presiden sangat jelas dan tegas bahwa menjaga wibawa institusi sangat penting.

"Sehingga Insan Bhayangkara harus bisa menjaga kewibawaan institusi. Dan kami siap melaksanakan arahan Bapak Presiden," kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu 4 Desember 2021.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Surabaya

Gempa magnitudo 4,4 mengguncang Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tersebut terjadi pada pukul 04.38 WIB. 

Pusat gempa berada di 10 kilometer Timur Surabaya dengan koordinat 7.22 Lintang Selatan (LS), 112. 84 Bujur Timur (BT). Pusat gempa di kedalaman 501 KM.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Polisi Selidiki Curhatan Mahasiswi Diduga Bunuh Diri di Makam Ayahnya yang Viral

Polisi masih menyelidiki kasus kematian mahasiswi Universitas Brawijaya Malang yang ditemukan tewas di makam ayahnya, Mojokerto, Jawa Timur, Kamis 2 Desember 2021. Penyelidikan sementara, korban bernama Novia Widyasari Rahayu (23) diduga tewas akibat bunuh diri.

Curhatan Novia Widyasari Rahayu sebelum tewas viral di media sosial. Mahasiswi tersebut diduga diperkosa oleh kekasihnya sendiri yang merupakan seorang polisi. Tagar #savenoviawidyasari pun bergema di Twitter untuk menuntut keadilan.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Gatot Repli Handoko menerangkan, pihaknya sedang menyelidiki unggahan yang viral tersebut. Salah satunya dengan memeriksa kekasih korban yang merupakan anggota Polres Pasuruan.

"Berkaitan yang lagi viral sekarang ini. Itu anggota tersebut itu anggota dari Polres Pasuruan sudah dibawa ke Polda untuk dimintai klarifikasi dan keterangan," kata Gatot saat dihubungi, Sabtu 4 Desember 2021.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Top 3 News

  • Polri

  • Polisi

  • Gempa Bumi