Sukses

Cegah Ekonomi Anjlok, Jokowi Minta Pemda Seimbangkan Gas dan Rem Tangani Covid-19

Jokowi menyampaikan, saat ini ekonomi Indonesia kuartal II 2021 berhasil tumbuh positif di angka 7,07 persen. Kendati menurun, ekonomi kuartal III 2021 kembali tumbuh positif 3,51 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah daerah (pemda) untuk betul-betul menyeimbangkan gas dan rem dalam penanganan Covid-19. Hal ini agar ekonomi Indonesia terus membaik.

"Agar juga disampaikan kepada gubernur, bupati, dan wali kota untuk menyeimbangkan betul-betul 'gas dan rem', sehingga kita bisa mempertahankan momentum untuk tumbuh positif," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas Evaluasi PPKM di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (22/11/2021).

Dia menyampaikan, saat ini ekonomi Indonesia kuartal II 2021 berhasil tumbuh positif di angka 7,07 persen. Kendati menurun, ekonomi kuartal III 2021 kembali tumbuh positif 3,51 persen.

"Kita harapkan di kuartal IV ini lebih baik dari kuartal yang III," ujar Jokowi.

Pemerintah pun akan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di seluruh Indonesia selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 saat libur Nataru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebut Kasus Covid-19 di Eropa Meningkat

Jokowi menyadari kebijakan ini akan membuat sektor pariwisata, khususnya di Bali akan terdampak. Namun, dia mengingatkan apabila situasi Covid-19 tidak terkendali, justru akan memukul balik ekonomi dan pariwisata Indonesia.

"Rencana penerapan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia pada saat Natal dan tahun baru. Ini agar dikomunikasikan dengan baik kepada masyarakat," tutur Jokowi.

Dia menjelaskan kebijakan ini diterapkan pemerintah karena melihat kasus Covid-19 di Eropa yang kembali meningkat. Kendati ada penolakan, Jokowi menekankan pentingnya kebijakan PPKM level 3 saat Nataru untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 di tanah air.

"Memang ada beberapa (pihak) yang menolak pemberlakuan PPKM Level 3 ini karena memang menginginkan situasi menjadi normal kembali," ucap Jokowi.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Jenuh 6M Meski Sudah Vaksinasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • PPKM adalah singkatan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

    PPKM

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi