Sukses

Sejumlah Anggota KPU dan Bawaslu Ikut Kembali Seleksi Periode 2022-2027

Liputan6.com, Jakarta Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 telah mengumumkan sebanyak 629 pendaftar lolos tahap administrasi.

Di antara nama yang diumumkan tim seleksi, ada nama-nama lama anggota KPU dan Bawaslu yang kini masih menjabat. 

Ketua Timsel Juri Ardiantoro mengakui memang ada penyelenggara Pemilu yang di tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota mengikuti seleksi. Serta mantan penyelenggara Pemilu dan kalangan pegiat Pemilu dan profesional.

"Ada yang penyelenggara pemilu baik yang sekarang menjabat baik pusat maupun provinsi, kabupaten/kota, maupun mantan-mantan penyelenggara pemilu. Ada juga dari kalangan akademisi, kalangan pegiat pemilu, profesional. Jadi beragam, kita punya banyak pilihan," ujar Juri saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (17/11/2021).

Berdasarkan penelusuran, tidak semua anggota KPU dan Bawaslu periode saat ini mendaftar untuk posisi lamanya. Ada sejumlah nama yang mendaftar di lembaga yang berbeda.

Ada empat nama anggota KPU RI yang kembali mendaftar sebagai calon anggota KPU RI periode 2022-2027. Mereka adalah I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Hasyim Asy'ari, Ilham Saputra serta Viryan Azis.

Sementara itu, anggota KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi masuk daftar calon anggota Bawaslu RI periode 2022-2027.

Dari anggota Bawaslu RI yang masih menjabat, ada nama Abhan, Mochammad Afifuddin yang mendaftar sebagai calon anggota KPU RI periode 2022-2027.

Sementara, Fritz Edward Siregar dan Rahmat Bagja sebagai inkumben mengikuti lagi seleksi sebagai calon anggota Bawaslu RI.

2 dari 2 halaman

629 Pendaftar Lolos Seleksi

Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 mengumumkan 629 pendaftar lolos tahap administrasi. Sebanyak 352 calon anggota KPU RI yang mendaftar lolos seleksi administrasi. Sementara calon anggota Bawaslu RI yang lolos seleksi administrasi sebanyak 277 orang.

Jumlah pendaftar yang tidak lolos seleksi administrasi sebanyak 239 orang dengan rincian 140 orang calon anggota KPU dan 99 calon anggota Bawaslu.

"Pendaftar yang tidak memenuhi syarat administrasi sebagai calon Anggota KPU sebanyak 140 orang dan Bawaslu 99 orang," ujar Ketua Timsel Calon Anggota KPU dan Bawaslu Juri Ardiantoro.

Juri memaparkan, total seluruh pendaftar calon anggota KPU dan Bawaslu sebanyak 868 orang.

"Pendaftar KPU berjumlah 492 orang. Kalau kita rinci, laki-lakinya 359 orang dan perempuannya 133 orang. Sedangkan pendaftar anggota Bawaslu sebanyak 376 orang. Rinciannya laki-laki 282 orang dan perempuan 94 orang," jelasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com