Sukses

Jokowi Minta KSAD Dudung Abdurachman Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit

Dudung Abdurachman juga mengatakan, Jokowi menekankan bahwa TNI AD harus membantu menjalankan program pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menitipkan sejumlah pesan kepada Jenderal Dudung Abdurachman yang baru dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Salah satunya, Jokowi meminta agar Dudung dapat meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI AD.

"Pesan berikutnya (dari Presiden) adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan prajurit, karena prajurit yang lebih utama," kata Dudung usai pelantikan menjadi KSAD di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Selain itu, kata dia, Jokowi menekankan bahwa TNI AD harus membantu menjalankan program pemerintah. Dudung pun menyebut TNI AD akan membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat.

"Ada pesan yang disampaikan Bapak Presiden bahwa segala bentuk apapun dari TNI Angkatan Darat harus membantu pemerintah di dalam melaksanakan programnya," ujar dia.

"Kami TNI Angkatan Darat siap membantu pemerintah demi kesejahteraan masyarakat dan seluruh rakyat Indonesia," sambung Dudung.

Dia mengaku akan meminta seluruh jajaran TNI AD menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Hal ini sesuai dengan delapan wajib TNI poin terakhir.

"TNI Angkatan Darat harus hadir di manapun adanya kesulitan yang diderita oleh masyarakat," kata dia.

Dudung menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Angkatan Darat. Dia berjanji akan mengimplementasikan visi dan misi Panglima TNI sebagaimana disampaikan dalam fit and proper test di DPR RI.

"Kemudian, saya mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Jenderal TNI Andika Perkasa pada saat Kepala Staf Angkatan Darat. Kami akan melanjutkan apa yang sudah dirintis," tutur Dudung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pangkat Naik Menjadi Jenderal

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Letjen Dudung Abdurachman menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara Jakarta, Rabu (17/11/2021). Dudung pun mendapat kenaikan pangkat dari Letnan Jenderal menjadi Jenderal.

"Menaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada perwira tinggi TNI atas nama Dudung Abdurrachman menjadi Jenderal," tutur Sekretaris Militer Presiden membacakan Keputusan Presiden Nomor 108 TNI tahun 2021, sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Adapun Dudung baru saja dimutasi dan ditunjuk menjadi Pangkostrad pada Mei 2021. Dudung selama ini dikenal sebagai sosok pekerja keras. Tak ayal, sejumlah jabatan pernah diemban pria kelahiran Bandung, 19 November 1965 itu sebelum menjabat Pangdam Jaya.

Karir militernya dimulai sejak lulus SMA, memutuskan untuk mendaftar Akabri Darat yang perlu pendidikan hingga tahun 1988. Pendidikan tersebut membuatnya menerima pangkat Letnan Dua.

Karirnya teror moncer hingga Dudung tercatat pernah menjabat sebagai Dandim 0406/Musi Rawas. Dandim 0418/Palembang, Aspers Kasdam VII/Wirabuana (2010—2011). Danrindam II/Sriwijaya (2011). Dandenma Mabes TNI, Wagub Akmil (2015—2016), Staf Khusus Kasad (2016—2017), Waaster Kasad (2017—2018), Gubernur Akmil (2018—2020) hingga Pangdam Jaya sejak Juli 2020.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • anglima Komando Strategis Angkatan Darat Letnan Jenderal Dudung Abdurachman, dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

    Dudung Abdurachman

  • KSAD