Sukses

Persi: BOR RS Saat Ini di Bawah 10 Persen, Angka Kematian Covid-19 Naik Turun

Meski secara nasional di bawah 10 persen, BOR rumah sakit rujukan Covid-19 sejumlah provinsi masih di atas 20 persen. Wilayah mana saja?

Liputan6.com, Jakarta - Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) mencatat bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia berada di bawah 10 persen. Data pekan lalu, BOR rumah sakit rujukan Covid-19 nasional menyentuh angka 6 persen.

"Kami saat ini, BOR yang ada di rumah sakit rata-rata 10 persen. Artinya apa? Berarti seluruh Indonesia ini alhamdulillah sudah mengalami penurunan Covid-19 yang cukup bermakna," kata Sekretaris Jenderal Persi, Lia G. Partakusuma dalam diskusi virtual yang disiarkan melalui YouTube FMB9ID_IKP, Selasa (12/10).

Meski secara nasional di bawah 10 persen, BOR rumah sakit rujukan Covid-19 sejumlah provinsi masih di atas 20 persen. Provinsi tersebut di antaranya Papua, Aceh dan Nusa Tenggara Timur.

"Tapi itu menunjukkan bahwa jumlah tempat tidur di daerah tersebut memang masih belum maksimal," sambungnya.

Menurut Lia, 85 persen pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di ruang ICU (Intensive Care Unit) rumah sakit rujukan belum mendapatkan vaksinasi atau memiliki riwayat penyakit lain (komorbid). Sementara pasien Covid-19 yang sudah mendapatkan vaksinasi dan menjalani perawatan di rumah sakit umumnya mengalami gejala ringan sehingga cepat sembuh.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kematian Fluktuatif

Lia menambahkan, Persi juga mencatat angka kematian Covid-19 masih fluktuatif. Data Juli 2021, angka kematian sudah menurun menjadi 2,66 persen. Namun, pada Oktober 2021 naik menjadi 3,38 persen.

"Angka kematian kita ini naik turun, antara 2 persen, 3 persen. Kemarin juga di bulan Oktober kami lihat kok naik ya jadi 3,38 persen," jelasnya.

Sebagai informasi, dalam dua hari terakhir, penambahan kasus positif Covid-19 nasional kurang dari 1.000. Di saat bersamaan, kasus kematian Covid-19 bertambah kurang dari 100. Sementara itu, penambahan pasien sembuh dari Covid-19 tercatat lebih dari 1.000 orang per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.