Sukses

BNPB Sebut PON XX Papua Jadi Pembelajaran untuk Kegiatan Besar Lainnya

Dengan penyelenggaraan PON XX Papua yang baik ini maka tidak menutup kemungkinan akan ada penyelenggaraan kegiatan besar lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dapat menjadi pembelajaran bagi Indonesia untuk menyelenggarakan kegiatan besar lainnya.

"Ini merupakan momentum, dari PON ini kita bisa belajar bagaimana melaksanakan kegiatan yang melibatkan banyak pihak dan banyak orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) BNPB, Abdul Muhari dalam dialog secara daring di Jakarta, Jumat (8/10/2021).

Menurut dia, dengan penyelenggaraan PON XX Papua yang baik ini maka tidak menutup kemungkinan akan ada penyelenggaraan kegiatan besar lainnya.

Ia menyampaikan pada November 2021 ini sedianya bakal dilaksanakan pergelaran World Superbike yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

"Pembelajaran Papua ini bukan tidak mungkin ada event lainnya, tidak hanya olahraga tapi juga pariwisata," katanya seperti dikutip Antara.

Abdul Muhari juga mengharapkan, kasus COVID-19 di Indonesia dapat terus menurun sehingga kegiatan ekonomi mulai berjalan meski dengan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua, Silwanus Sumule mengatakan komunikasi menjadi kunci agar penyelenggaraan PON XX Papua dapat berjalan lancar di tengah pandemi.

"Jadi kata kunci untuk penanganan COVID-19 adalah komunikasi secara terus menerus dan cepat bertindak ketika menemukan kasus," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bekerja Hulu ke Hilir

Ia menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan 12 Rumah Sakit (RS) rujukan, tempat isolasi terpusat, juga klinik di setiap venue pertandingan.

"Yang pasti kami bekerja dari hulu ke hilir. Di hulu upaya 3M dan 3T terus kita lakukan. Di hilir, kami mempersiapkan fasilitas layanan kesehatan ketika ada persoalan di hulu," demikian Silwanus Sumule.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.