Sukses

Ancol Sediakan Kantong Parkir dan Bus Gratis Saat Ganjil Genap

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Taman Impian Jaya Ancol menyediakan kantong parkir dan bus gratis bagi pengunjung pembawa kendaraan roda empat yang nomor pelatnya tidak sesuai dengan aturan ganjil genap di kawasan wisata pesisir Jakarta Utara itu. 

Kantong parkir dan bus gratis tersedia di area pintu barat dan pintu timur Ancol yang menjadi titik lokasi penyekatan ganjil genap.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Budi Aryanto mengatakan, pihaknya menyiapkan empat bus yang menjemput pengunjung dari kantong parkir barat maupun dari kantong parkir timur.

Bus gratis tersebut hanya beroperasi sesuai dengan pemberlakuan ganjil genap di Ancol, yakni pada Jumat, Sabtu, dan Minggu.

"Kami siapkan empat bus masing-masing dengan kapasitas 30 orang. Jadi, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di sana (pintu barat dan timur) kemudian melanjutkan dengan fasilitas transportasi yang kami siapkan ke dalam," ujar Budi, Jumat (17/9/2021).

Seperti dilansir Antara, kantong parkir di pintu barat berada di dekat Gedung Hailai dengan kapasitas hingga 200 kendaraan. Sedangkan kantong parkir di pintu timur berada di area karnaval, berkapasitas hingga 600 kendaraan.

Kawasan wisata Ancol hanya melayani pembelian secara daring dan pengunjung harus melengkapi diri dengan aplikasi PeduliLindungi apabila sudah vaksinasi minimal dosis pertama.

Apabila pengunjung yang belum vaksin sudah kadung membeli tiket secara daring, Ancol memberikan opsi untuk mengagendakan ulang rencana kunjungan di hari berikutnya atau di hari lain maksimal hingga tiga bulan ke depan.

"Sebetulnya pengunjung kami berikan dua opsi tadi. Yang pertama mereka memarkir (kendaraan) di tempat parkir yang kami siapkan, atau mereka mengagendakan ulang (reschedule) rencana kunjungan di hari berikutnya. Dia boleh jadwal ulang sampai tiga bulan ke depan," kata Budi.

2 dari 2 halaman

Dufan hingga Ocean Dream Samudra Sudah Buka

Adapun area rekreasi di Taman Impian Jaya Ancol yang sudah buka khusus luar ruangan (outdoor) saja, seperti Dunia Fantasi (Dufan), area pantai, hingga Ocean Dream Samudra.

Sementara untuk area rekreasi dalam ruangan (indoor) seperti Seaworld dan lain-lain belum dibuka.

Selain itu, pengunjung juga belum dibolehkan berenang di pantai atau area pinggir pantai.