Sukses

Polisi Tangkap Pelaku Dugaan Penipuan Terhadap Artis dengan Modus Catut Nama Jokowi

Joko Dwi Harsono mengatakan, pihaknya menangkap pelaku berinisial AH atas dugaan penipuan terhadap artis dengan modus pencatutan nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Kasat Reskrim Polres Metro Jakbar Kompol Joko Dwi Harsono mengatakan, pihaknya menangkap pelaku berinisial AH atas dugaan penipuan terhadap artis dengan modus pencatutan nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Benar, anggota kami sudah mengamankan pelaku," kata dia saat dikonfirmasi, Minggu (29/8/2021).

Adapun operasi penangkapan ini dipimpin langsung oleh Kanit Reskrim Umum (Krimum) Polres Metro Jakarta Barat AKP Avrilendy dan Kasubnit Jatanras Ipda M Rizky Ali Akbar. Disebut pelaku sempat berpindah-pindah tempat.

Namun kemudian polisi berhasil mengidentifikasi keberadaan AH di luar Pulau Jawa. "Tersangka kami amankan di salah satu rumah yang berada di kawasan Palembang, Sumatera Selatan," kata Avril.

Usai ditangkap, pelaku dibawa ke Polres Metro Jakarta Barat untuk dimintai keterangan.

"Pelaku kami bawa ke Mapolres Jakbar, untuk informasi lebih lanjut akan disampaikan saat rilis," ujar Avril.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Geledah Rumah Kontrakan

Sebelumnya polisi melakukan penggeledahan rumah kontrakan AH di kawasan Jakbar, Jumat malam (27/8/2021). Penggeledahan ini buntut dari adanya laporan artis atas nama Fahri Azmi (25) dengan dugaan penipuan uang.

Dalam menjalani modus penipuan, pelaku turut memalsukan surat-surat yang mencatut nama pejabat negara mulai dari Presiden Joko Widodo sampai jajaran menteri agar para korban percaya.

Fahri kemudian melaporkan dugaan penipuan yang dilakukan AH ke Polda Metro Jaya pada Rabu (14/7/2021). Laporannya terdaftar dengan nomor LP/B/3472/VII/2021/SPKT/Polda Metro Jaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.