Sukses

Hari Ini Pemenang Divestasi Indosat Diumumkan

Pemerintah akan mengumumkan pemenang divestasi PT Indosat. Penawaran harga perusahaan asal Singapura disinyalir lebih tinggi di atas keinginan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah berencana mengumumkan pemenang divestasi atau penjualan saham PT Indosat pada Ahad ini. Itu pun jika pembicaraan tahap akhir antara pemerintah dengan dua calon investor, yaitu Telecom Malaysia dan Singapore Technology Telemedia (STT) berjalan lancar. "Pemenang divestasi 41,94 persen saham Indosat ini diharapkan segera diumumkan," ujar Deputi Menteri Negara BUMN Mahmudin Yasin di sela-sela pertemuan tertutup di sebuah hotel di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (14/12) [baca: Tersisa Dua Investor Ingin Membeli Saham Indosat].

Informasi yang dihimpun SCTV menyebutkan, perusahaan dari Singapura lebih berpeluang memenangkan penjualan tersebut. Pasalnya, mereka menawarkan harga saham yang lebih tinggi, yaitu di atas keinginan pemerintah yang menginginkan harga Rp 12 ribu per lembar saham [baca: Saham Indosat Akan Dijual dengan Harga Premium]. STT, kabarnya menawarkan harga Rp 13 ribu setiap saham. Ketika dikonfirmasi hal ini, Mahmudin enggan berkomentar. Menurut Mahmudin, persoalan tentang tenaga kerja dan pengembangan perusahaan di masa mendatang juga menjadi hal yang harus diperhitungkan.

Mahmudin juga menegaskan, jika penjualan ini berhasil dilakukan, target privatisasi BUMN 2002 yang ditetapkan sebesar Rp 6,5 triliun dapat dilampaui. Sejauh ini, pemerintah sudah mendapatkan Rp 2,1 triliun di antaranya dari penjualan saham Telkom. Sedangkan dari Indosat diperkirakan dapat dihimpun dana di atas Rp 4,5 triliun.(ORS/Christiyanto dan Yudi Wibowo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini