Sukses

Yuk, Dukung UMKM Kota Tarakan dengan Membeli Produknya di Bukalapak

Kota Tarakan menjadi salah satu daerah yang mendorong untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Liputan6.com, Jakarta Kota Tarakan menjadi salah satu daerah yang mendorong untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pasalnya, sektor ini mampu menjadi penggerak roda perekonomian dan memberikan lapangan pekerjaan di tengah kondisi pandemi saat ini. 

Perlu diketahui, Kota Tarakan memiliki ribuan UMKM dari berbagai sektor. Mulai dari batik dan produk olahan laut, seperti ikan tipis, ebi, bandeng, amplang, kopi dan sebagainya. 

Sebagai bentuk bantuan dari Pemkot Tarakan. Para pelaku UMKM diberikan wadah seluas-luasnya untuk menjajaki usaha yang tengah digeluti. Pemkot Tarakan juga mempromosikan produk UMKM ke semua lini. Mulai dari pusat perbelanjaan, tempat wisata sampai marketplace. 

Kini, Kota Tarakan bekerjasama dengan Bulakapak membuat wadah bagi para pelaku UMKM di daerah tersebut agar menjadi wadah menjual produk – produknya dan sebagai ajang promosi. 

Menurut Walikota Tarakan, Khairul mengatakan saat ini marketplace daring menjadi andalan di tengah pandemi karena pembatasan sosial. Pemerintah Kota Tarakan tengah bekerjasama dengan BukaLapak untuk membantu penjualan produk UMKM.

“Jadi kita memasukkan produk-produk UMKM di sana, supaya mereka bisa dipromosikan sekaligus orang bisa berbelanja secara online,” ujar Khairul.

Untuk mengetahui produk apa saja yang bisa dibeli di Bukalapak, berikut rinciannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kopi

Pecinta kopi nusantara patut mencicipi kopi khas dari Kota Tarakan ini, Bernama Kopi Peaberry Robusta memiliki ciri khas Fine Robusta 100% dengan double sortasi/pemilahan (sebelum roasting dan setelah roasting) sehingga tidak terdapat kecacatan pada fisik kopi. Aroma yang dihasilkan bisa membuat siapa saja ingin mencicipi kopi ini. 

Selain itu, ada kopi Malinau Q. Kopi ini dikemas dengan rapi dan higienis dan mampu memberikan cita rasa kopi yang nikmat. Ada pula Kopi Bornew. Di roasting medium to dark kopi ini di grinder halus, dan membuat rasa kopi yang nikmat. 

3 dari 4 halaman

Makanan

BIcara daerah tak lengkap jika kita tidak membawa buah tangan, kudapan misalnya. Kota Tarakan memiliki makanan ringan yang khas yang patut dicoba oleh semua orang. 

Pertama keripik singkong sikalma balado. Keripik dari singkong pilihan ini sangat renyah dan gurih. Cocok sekali buat kamu yang ingin ngemil di sore hari. Selain itu, keripik pisang kenko black manis. 

Selanjutnya ada keripik tempe dan peyek ikan pepija. Peyek ini merupakan makanan khas dari Kota Tarakan. Terbuat dari ikan pepija yang merupakan ikan khas di sana, menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat.  Ada pula rumput laut, abon, sambal udang papay, sampai amplang lily udang. 

Makanan itu semua merupakan khas dari Kota Tarakan. Patut dicoba bagi kamu yang menyukai makanan khas daerah. 

4 dari 4 halaman

Kerajinan tangan

Pada marketplace tersebut, UMKM Kota Tarakan juga menawarkan kerajinan tangan yang dibuat sendiri. Mulai dari tali tas, masker batik dengan corak khas Tarakan, ikat kepala budaya khas Tarakan, sampai dompet handphone. Semua kerajinan tangan itu dibuat secara homemade dan memiliki corak khas dari Kota Tarakan. 

Nah, bagi kamu yang ingin memesannya, tinggal pilih di Bukalapak. Beragam produk khas Kota Tarakan terdapat di sana. Kamu juga bisa mendapatkan gratis ongkir senilai Rp40 ribu dengan minimal pembelian Rp75 ribu. 

Yuk, dukung UMKM Kota Tarakan sekarang!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini