Sukses

Lagi, KKB Diduga Bunuh 2 Pekerja Pembangunan Jembatan di Yahukimo

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Mathius Fakhiri mengaku memang ada laporan kasus pembunuhan terhadap warga sipil yang dilakukan KKB.

Liputan6.com, Jakarta Kelompok kriminal bersenjata atau KKB diduga membunuh dua pekerja proyek pembangunan jembatan di Sungai Brazza, Kampung Kribun, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Minggu (22/8/2021) petang sekitar pukul 16.30 WIT.

Pihak kepolisian mengungkapkan, dua korban meninggal tersebut adalah Rionaldo Raturoma dan Dedi Imam Pamuji. Korban adalah karyawan PT Indo Papua yang sedang melakukan pembangunan jembatan di Sungai Brazza. Lokasi kejadian sekitar 10 Km dari kamp milik PT Indo Papua.

Kapolda Papua Inspektur Jenderal Mathius Fakhiri mengaku memang ada laporan kasus pembunuhan terhadap warga sipil yang dilakukan KKB.

"Namun laporan lengkapnya masih menunggu dari Kapolres Yahukimo karena saat ini anggota masih berada di TKP," kata Fakhiri seperti dikutip Antara.

Sementara Kepala Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) Wamena Zepnath Kambu yang dihubungi dari Jayapura mengatakan mendengar informasi terjadinya insiden pembunuhan oleh KKB tersebut. Tapi ia belum mendapat laporan resmi.

"Informasi tersebut memang ada namun kami masih menunggu laporan dari Dekai," kata Zapnath Kambu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Warga Tewas Ditembak

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, korban meninggal dunia dalam insiden penembakan dan penyanderaan terhadap warga sipil oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Bingky, Kabupaten Yahukimo, Papua bertambah menjadi empat orang.

"Akibat penyerangan tersebut empat korban meninggal dunia," tutur Argo dalam keterangannya, Jumat (25/6/2021).

Argo mengatakan, korban jiwa bertambah dari salah satu warga yang awalnya dilaporkan mengalami luka-luka dalam insiden tersebut. Sementara satu lainnya mengalami luka tembak di bagian paha.

"Menurut saksi mata, masih ada empat orang pekerja yang disandera KKB. Saat ini polisi masih melakukan pengecekan," terang Argo.

Sebelumnya, terjadi penembakan dan penyanderaan terhadap warga sipil yang merupakan tukang bangunan oleh KKB Papua di Kampung Bingky, Kabupaten Yahukimo. Dalam peristiwa itu, tiga warga meninggal dunia.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menyampaikan, peristiwa itu terjadi pada Kamis, 24 Juni 2021 pukul 11.05 WIT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.