Sukses

Anies Ajukan Rute Baru KRL ke Jakarta International Stadium

Anies meminta Marullah untuk memimpin dan mengendalikan penyelesaian isu prioritas ini serta bertanggung jawab dalam penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan peresmian Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Desember 2021.

Hal tersebut berdasarkan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 49 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022. Ingub tersebut ditandatangani oleh Anies pada 4 Agustus 2021.

Selain itu, untuk rencana terbangunnya penambahan stasiun KAI baru di sisi barat dan timur JIS pada Juni 2022. 

"Terselesaikannya izin rute  penambahan rute baru KCI Jatinegara-Rajawali-Ancol-Priok  Oktober 2021. Terbangunnya pemberian akses ramp tol ke area Jakarta International Stadium," kata Anies dalam Ingub tersebut. 

Ingub tersebut ditujukan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali.

"Melaksanakan penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022 dengan tugas memastikan tercapainya isu prioritas daerah tahun 2021-2022," bunyi Ingub tersebut.

Kemudian, Anies juga meminta Marullah untuk memimpin dan mengendalikan penyelesaian isu prioritas ini serta bertanggung jawab dalam penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022.

"Melaporkan ketercapaian Penyelesaian Isu Prioritas Daerah Tahun 2021-2022 sebagaimana dimaksud dalam diktum kesatu kepada Gubernur setiap dua minggu," ucap Anies.

Sebelumnya, PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro menyebutkan, konsep transportasi terintegrasi antara TransJakarta, Kereta Rel Listrik (KRL), Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Raya Terpadu (LRT) di Stadion Jakarta International Stadium (JIS) untuk membuka ruang interaksi publik.

Manajer Proyek JIS Arry Wibowo mengatakan dalam membangun JIS, Jakpro tidak hanya ingin mendirikan bangunan fisik lapangan hijau, namun juga membuka ruang interaksi di tengah kota yang diharapkan publik.

"Kami ingin hadirnya kawasan olahraga terpadu ini akan membuka interaksi yang diharapkan oleh publik warga Jakarta yang saat ini kebutuhan akan ruang-ruang interaksi, terutama di pusat kota sangat terbatas,” ujar Wibowo ketika menjadi pembicara dalam serial diskusi JIS dengan tema 'Hadirnya Kawasan Olahraga Terpadu yang Mengubah Peradaban sebagai Wujud Kehidupan yang Berkelanjutan' secara daring di Jakarta, Sabtu (24/7) malam.

Arry mengatakan draf Panduan Rancang Kota (PRK) memang masih dalam proses. Namun Jakpro telah menyiapkan dan sudah berkomunikasi dengan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta terkait ruang-ruang interaksi tersebut.

"Mudah-mudahan ini segera diterbitkan Peraturan Gubernur tentang Panduan Rancang Kota (PRK)," kata Wibowo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didukung Sejumlah Pihak

Selanjutnya, perkembangan informasi terkait integrasi TransJakarta, KRL, MRT dan LRT saat ini, kata Wibowo, Jakpro dibantu pengelola LRT untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

"Karena mereka yang sangat intens berkomunikasi dengan Dishub, harapannya nanti di sebelah utara Taman BMW, yang nantinya bermuara ujung ramp di sisi barat ini akan ada stasiun baru untuk Commuter Line (KRL)," kata Wibowo.

Adapun jaraknya, kalau ditarik dari Stasiun KRL di Pademangan Timur kurang lebih satu kilometer.

Wibowo menjelaskan pembangunan tersebut sudah ada dalam draf perancangan kawasan JIS. Nantinya juga disesuaikan dengan rekomendasi teknis analisis dampak lalu lintas yang diterbitkan Dishub Provinsi DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan ini juga akan mendukung kawasan yang terintegrasi semua angkutan umum massal, selain Commuter Line juga ada TransJakarta, LRT dan juga MRT," kata Wibowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.