VIDEO BERANI BERUBAH: Kunci Anosmia di Jeruk Kunci

VIDEO BERANI BERUBAH: Kunci Anosmia di Jeruk Kunci

Pandemi Covid-19 masih menjadi salah satu kekhawatiran utama masyarakat. John Yang Kinardi asal Bangka Belitung pun terdorong untuk mencari solusi terapi untuk meringankan gejala anosmia dan sesak napas ringan akibat Covid-19.

Bersama para rekan riset independennya, John membuat minyak esensial berbahan dasar jeruk kunci. Jeruk kunci sendiri adalah tanaman endemik yang banyak ditemukan di Bangka Belitung. John menjelaskan, jeruk kunci memiliki efek anti bakterial yang sangat kuat.

Dia berharap minyak esensial jeruk kunci ini bisa menjadi alternatif langkah preventif penanganan Covid-19. Saat ini, minyak esensial ini sudah didaftarkan ke BPOM sebagai obat tradisional. Bila tidak ada halangan, izin BPOM TR sebulan lagi akan dikeluarkan.

Selain itu, John juga sadar akan kondisi warga yang banyak kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Karenanya, dia pun merangkul mereka untuk bisa bekerja bersama dalam mengumpulkan bahan dan memasarkan minyak esensial ini.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ringkasan

Oleh Rio Pangkerego, Raden Asmoro Katon, Chandra Bayu Witantra, Ratu Annisaa Suryasumirat pada 09 August 2021, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights