Sukses

Jokowi Kucurkan Rp 15,3 Triliun Bantuan Presiden untuk 12,8 Juta Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 senilai Rp 15,3 triliun untuk 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 senilai Rp 15,3 triliun untuk 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil.

Penyerahan dilakukan secara simbolis di halaman depan Istana Merdeka, hari ini Jumat (30/7/2021).

"Tahun 2021 yang akan dibagikan untuk banpres produktif ini adalah Rp 15,3 triliun yang dibagikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil. Jadi bukan hanya Bapak, Ibu semuanya, enggak," ujar Jokowi lewat YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021).

Jokowi menyebut banpres akan menyasar pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh Tanah Air. Untuk pembagiannya dimulai sejak hari ini. Ia berharap bantuan itu bisa mendorong perekonomian yang lesu akibat pandemi.

"Mulai dibagikan pada hari ini. Saya harap ini bisa membantu mendorong ekonomi kita semuanya," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Semangat Bekerja

Sebelumnya, Jokowi menyebut bahwa penerapan PPKM darurat memang harus dilakukan meskipun itu keputusan yang berat. Namun, ia meminta pengusaha mikro tetap semangat bekerja meskipun omzet yang menurun mencapai 75persen.

“Bapak ibu semuanya harus bekerja keras semuanya dalam kondisi seperti ini bertahan dengan sekuat tenaga. Kita masih berproses menuju vaksinasi 70 persen yang kita harapkan nanti insya allah akhir tahun ini bisa kita selesaikan kalau sudah 75 persen paling tidak daya tular virus ini agak terhambat kalau sudah tercapai kekebalan komunal atau herd immunity ambil berjalan akhir tahun ini,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.