Sukses

Top 3 News: TWK KPK untuk CPNS Diputus MA, Sah dan Konstitusional

Keputusan MA untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) bagi calon CPNS tersebut tertuang pada putusan nomor 2 P/HUM/2020 atas nama pemohon Mifta Adita dan Suwarno.

Liputan6.com, Jakarta Mahkamah Agung (MA) memutuskan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilaksanakkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dinyatakan sah dan konstitusional. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Kamis, 24 Juni 2021. 

Sebelumnya, tes wawasan kebangsaan ini sempat menuai polemik di tubuh lembaga antirasuah yang dipimpin oleh Irjen Firli Bahuri. Karena 75 pegawai KPK dinyatakan tidak lolos dalam tes tersebut.

Tak sedikit yang berkomentar, bahwa keputusan tersebut sengaja dilakukan untuk melemahkan KPK. Terlebih sejumlah orang merupakan penyidik senior yang tengah menangani kasus-kasus besar. Salah satunya ada Novel Baswedan.

Ada pun keputusan tersebut tertuang dalam pada putusan nomor 2 P/HUM/2020 atas nama pemohon Mifta Adita dan Suwarno.

Berita gempa di Tanah Air juga tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6.com. BMKG melaporkan, pada Kamis, 24 Juni kemarin ada tiga gempa yang getarkan wilayah Indonesia.

Di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, gempa berkekuatan magnitudo 2,9 dirasakan hingga Kaimana dalam skala III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Gempa di Pulau Buru, Maluku Utara bermagnitudo 5,4, namun tidak berpotensi tsunami. Sedangkan di Maluku Barat Daya bermagnitudo 5,7.

Dari sidang vonis hasil tes swab Rizieq Shihab, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara terhadap mantan pimpinan FPI tersebut.

Saat sidang tengah digelar, di luar sidang simpatisan Rizieq terlibat bentrok dengan aparat karena mengadang mereka datang ke PN Jakarta Timur untuk memberi dukungan pada pimpinan mereka.

Lemparan batu pun diarahkan ke petugas yang berjaga, namun akhirnya di balas dengan tembakan gas air mata.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 24 Juni 2021:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. MA Putuskan TWK untuk CPNS Sah dan Konstitusional

Mahkamah Agung (MA) memutuskan tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sah dan konstitusional.

Hal tersebut tertuang pada putusan nomor 2 P/HUM/2020 atas nama pemohon Mifta Adita dan Suwarno.

CPNS 2021 Buka Formasi Khusus Cumlaude, Berikut Syaratnya Adapun para pemohon melakukan uji materil terhadap Pasal 3 Permenpan-RB dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2018.

Diketahui dalam pasal 3 tersebut dijelaskan mengenai nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar, yang meliputi tes karakteristik pribadi (TKP) 143, tes inteligensia umum (TIU) 80 dan tes wawasan kebangsaan (TWK) 75.

"Bahwa juga Para Pemohon mewakili para CPNS yang berstatus P1/TL dan gagal menjadi CPNS Tahun 2018 disebabkan karena Permenpan-RB Nomor 61 Tahun 2018 yang terbit pada saat berlangsungnya tahapan seleksi sehingga menutup peluang yang lulus sebanyak 3% dari total peserta SKD atau 37% dari total alokasi formasi," pada poin kedudukan hukum pemohon seperti dikutip, Kamis (24/6/2021).

Namun, MA menolak permohonan dari Mifta dan Suwarno. Sebab majelis menilai Permenpan-RB Nomor 61 Tahun 2018 merupakan pelengkap dari peraturan pelaksana lainnya dalam seleksi CPNS Tahun 2018 khususnya terkait optimalisasi pemenuhan kebutuhan/formasi PNS Tahun 2018.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Bumi Getarkan 3 Wilayah Indonesia Kamis 24 Juni 2021

Ada tiga wilayah di Indonesia yang diguncang gempa hari ini, hingga pukul 20.30 WIB, Kamis (24/6/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa pertama terjadi di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat.

Gempa bumi terjadi pada pukul 08:40:47 WIB dengan magnitudo 2,9. Berpusat di laut, getarannya dirasakan hingga Kaimana dalam skala III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Gempa berikutnya terjadi di Maluku Barat Daya. Lewat laman resminya, BMKG menjelaskan gempa berkekuatan magnitudo 5,7. 

Ada pun lokasi gempa terjadi di 238 km timur laut Maluku Barat Daya dengan kedalaman 344 kilometer.

Sedangkan gempa ketiga mengguncang wilayah Pulau Buru, Provinsi Maluku Utara. Menurut catatan BMKG, gempa bermagnitudo 5,4, terjadi pada pukul 09:42:03 WIB. Gempa tak berpotensi tsunami.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Simpatisan Rizieq Shihab Bentrok dengan Polisi di PN Jaktim, Massa Lempar Batu dan Tutup Jalan

Aparat kepolisian dengan para simpatisan Rizieq Shihab terlibat bentrokan jelang sidang vonis perkara tes swab pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq yang di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur pada Kamis (24/6).

Berdasarkan pantauan merdeka.com, sekitar pukul 09.15 WIB, para simpatisan yang hendak datang langsung ke PN Jaktim terlibat bentrokan dengan aparat kepolisian di jalan I Gusti Ngurah Rai. Bentrokan terjadi dipicu karena hadangan aparat, kepada massa yang hendak datang ke PN Jakarta Timur.

Dalam bentrokan tersebut terlihat masa yang sudah melemparkan batu ke arah aparat sembari berbaris sampai menutup jalan I Gusti Ngurah Rai dari sisi arah memunu jalan Dr. Sumarno, Penggilingan, Jakarta Timur.

Akibat serangan tersebut, aparat kepolisian lantas membalasnya dengan tembakan gas air mata dan water cannon untuk mengurai lemparan batu dari para masa simpatisan Rizieq.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.