Sukses

Survei SMRC soal Tokoh 2024: Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil Paling Disukai

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi tokoh 2024 yang paling disukai masyarakat versi sigi Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Dalam rilis hasil survei bertajuk Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Dua Tahun pasca Pemilu 2019, Minggu (13/6/2021), baik Sandiaga maupun Ridwan Kamil disukai oleh 85% responden yang mengenalnya. Survei SMRC juga menunjukkan tidak ada korelasi antara dikenal dan disukai.

"Prabowo yang dikenal 98% warga, ternyata hanya disukai oleh 78% mereka yang mengenalnya. Begitu juga Anies yang dikenal 83% warga, ternyata hanya disukai 75% mereka yang mengenalnya. Hanya Sandiaga Uno yang relatif konsisten. Sandi dikenal 83% warga, dan disukai 85% warga yang mengenalnya," ujar Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad.

"Di sisi lain, sejumlah tokoh yang tingkat kedikenalannya jauh lebih rendah, ternyata tingkat disukainya relatif lebih tinggi, seperti: Ganjar (tahu 57%, suka 84%), Ridwan Kamil (tahu 65%, suka 85%), Risma (tahu 54%, suka 84%) dan Khoffifah (tahu 48%, suka 81%)," sambungnya.

Karena itu, menurut Saidiman, untuk mengukur peluang keberhasilan masing-masing capres, faktor kedikenalan harus turut diperhitungkan.

"Begitu faktor kedikenalan disertakan, terlihat bahwa peluang Ganjar lebih besar dibandingkan kandidat-kandidat lain," bebernya.

Lebih lanjut, SMRC juga membuat dua simulasi. Pertama adalah dengan hanya mengukur dukungan di antara warga yang mengetahui 6 nama calon (Prabowo, Anies, Ganjar, Sandi, Ridwan Kamil, dan Agus Harimurti Yudhoyono).

Dalam simulasi ini, dengan memilih 8 nama, nama yang paling banyak dipilih adalah Ganjar (27,8%), diikuti Prabowo (16,7%), Anies (13,7%), dan Sandiaga (8,3%).

2 dari 3 halaman

Memilih 3 Nama

Simulasi kedua, mengukur dukungan di antara warga yang mengetahui 3 nama calon (Prabowo, Anies, dan Ganjar). Dalam simulasi ini, dengan memilih 3 nama, survei membuktikan bahwa Ganjar akan dipilih oleh 43,3%, Prabowo 24,4%, dan Anies 21,7%.

"Dengan demikian, survei ini menunjukkan bahwa kalau saja tingkat dikenal semua tokoh sama, kemungkinan besar Ganjar akan memenangkan pertarungan," ungkap Saidiman.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: