Sukses

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Ganjar Dukung Gagasan dari Sri Sultan HB X

Besok, Ganjar bahkan akan menerapkan gagasan Ngarso Dalem itu untuk wilayah yang dipimpinnya yakni Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengajak seluruh warga menyanyikan lagu Indonesia Raya pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2021. Gagasan itu didukung penuh oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Tak hanya mendukung, Ganjar bahkan akan menerapkan gagasan Ngarso Dalem itu untuk wilayah yang dipimpinnya yakni Jawa Tengah. Melalui video singkat bernama 'Ruang Ganjar' di channel Youtube pribadinya, Ganjar mengatakan mendukung 100% gagasan Ngarso Dalem. 

Tepat pada pukul 10.00 WIB pada Kamis (20/5), Ganjar meminta seluruh masyarakat Jawa Tengah mengambil sikap sempurna dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Terus terang, saya sangat terinspirasi dan mendukung seratus persen gagasan ini dan Insya Allah juga akan kita lakukan di Jawa Tengah. Pada pukul 10 pagi besok di Hari Kebangkitan Nasional, ayo kita bersama-sama mengumandangkan lagu kebangsaan kita," katanya.

Semua elemen masyarakat baik yang di perkantoran, di pasar, di rumah maupun yang ada di sekolah diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak. Tak hanya sekadar bernyanyi, namun juga benar-benar menghayati setiap kata, setiap baris dari syair termahal di negeri ini.

"Sri Sultan mengajak kita untuk merasakan perjalanan Indonesia lewat lagu kebangsaan kita. Ini adalah momen yang sangat tepat untuk kita memompa lagi spirit kenegaraan kita, terutama, karena besok adalah hari Kebangkitan Nasional," lanjutnya.

Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara hikmat, lanjut Ganjar merupakan wujud untuk meneladani dan menghargai perjuangan para pendahulu bangsa. Sebab, mereka telah gagah berani menyuarakan berdirinya sebuah negara, ketika mayoritas orang di negeri ini belum tahu dan belum mengerti apa itu negara.

"Spirit nasionalisme dan kesatuan tekad itulah sebuah national staat bernama Indonesia akhirnya bisa berdiri," tegasnya.

Dan tidak hanya di Hari Kebangkitan Nasional, di hari-hari selanjutnya, Ganjar mengajak seluruh masyarakat tetap melakukan hal yang sama. Setiap mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang, semuanya diminta sejenak menghentikan aktifitas dan langsung mengambil sikap sempurna.

Dengan begitu, maka harapannya spirit nasionalisme semakin tumbuh dalam dada masyarakat. Akhirnya, hal itu bisa memperkuat kesadaran setiap warga pada persatuan kesatuan bangsa.

"Selain itu juga penting untuk menyadari arti pentingnya berbhinneka dan saling menghormati perbedaan di antara kita. Semoga laku ini menambah kewarasan kita dan kewarasan negara kita. Terimakasih," katanya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini