Sukses

Massa Buruh di Patung Kuda Arjuna Wiwaha Bubar, Lalu Lintas Kembali Normal

Liputan6.com, Jakarta Organisasi buruh dan mahasiswa yang menggelar aksi unjuk rasa dalam memperingati Hari Buruh atau May Day membubarkan diri dengan tertib. Arus lalu lintas pun berangsur-angsur normal.

Pantauan di lokasi, massa pengunjuk rasa menutup rangkaian orasi dengan menyalakan flare ke udara. Ledakan-ledakan terdengar bersautan di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, pada Sabtu (1/5/2021).

Asap warna-warni membumbung tinggi mewarnai suasana sore. Mobil komando yang menjadi sarana orator menyampaikan pendapat perlahan-lahan mundur diikuti peserta aksi.

Polisi yang mengendarai sepeda motor pun mengawal pengunjuk rasa meninggalkan lokasi. Sesekali terdengar instruksi dari atas mobil komando agar pengunjuk rasa memungut sampah.

"Tolong sampah-sampah diangkut jangan sampai aksi damai yang kita lakukan menyisakan sampah," ujar dia.

Terlihat beberapa petugas PPSU membersihkan area unjuk rasa. Polisi kemudian kembali membuka ruas jalan yang sempat tertutup. Arus kendaraan mulai bisa melewati kawasan Thamrin dan Harmoni.

2 dari 3 halaman

Polda Metro: Demo Buruh Berjalan Baik

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo menjelaskan, secara umum unjuk rasa berjalan sangat baik. Meski, ada sedikit insiden namun masih bisa dikendalikan oleh pihak kepolisian.

"Mereka (peserta unjuk rasa) sudah meninggalkan area kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Alhamdulilah sampai jam lima sore berjalan cukup tertib," ujar dia di lokasi.

Sambodo memastikan arus lalu lintas segera berjalan normal kembali.

"Semua sudah dinormalkan," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: