Sukses

Top 3 News: Geger Babi Ngepet di Depok, Bisa Berubah Wujud?

Warga Sawangan Depok mengaku menyaksikan proses perubahan wujud manusia menjadi babi ngepet.

Liputan6.com, Jakarta Seekor babi ngepet gegerkan warga Depok, Jawa Barat. Bagaimana tidak, dikatakan babi tersebut adalah manusia yang berubah wujud menjadi babi ngepet setelah melakukan ritual. Berita ini terpopuler pertama di top 3 news, Rabu, 28 April 2021. 

Untuk menangkap babi ngepet tersebut, warga melakukannya dengan cara berbeda. Penangkapan dilakukan saat bulan purnama oleh delapan orang yang telanjang, sementara tujuh lainnya berpakain lengkap.

Selasa dini hari, 27 April, babi ngepet tersebut berhasil ditangkap. Kandang pun dibuat khusus dari bambu kuning. Agar tidak lagi meresahkan warga, babi tersebut dipotong lalu dikubur dengan kondisi kepala dan badannya terpisah.

Berita reshuffle di dalam kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin juga tak kalah menyita perhatian. Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia telah diangkat Joowi menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek) dan Menteri Investasi.

Sementara, dua lainnya adalah Indriyanto Seno Adji sebagau anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Laksana Tri Handoko yang dilantik sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi (BRIN). 

Dari kasus dugaan terorisme, Tim Densus 88 Antiteror Polri belum lama ini telah mengamankan Munarman, pengacara Rizieq Shihab dari kediamannya di kawasan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Munarman diduga terlibat dalam sejumlah aksi terorisme di Tanah Air, salah satunya kasus baiat di Makassar. Saat ditangkap, dia hanya mengenakan baju koko dan sarung karena setelah menunaikan salat asar.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu, 28 April 2021:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. 4 Fakta Babi Ngepet di Depok, Berubah Wujud hingga Dipotong 2 Bagian

Warga di RT2/4, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok digegerkan dengan keberadaan babi ngepet di lingkungan mereka. Warga yang resah secara kompak menangkap babi ngepet yang dipercaya telah mengambil uang milik warga setempat.

Penangkapan dimulai sejak Senin 26 April 2021 malam, sekitar pukul 23.00 WIB. Martalih bersama 14 orang lainnya yang dikomandoi Ustaz Adam Ibrahim berusaha melakukan penangkapan babi ngepet dengan cara yang berbeda.

Di bawah sinar bulan purnama, sebanyak delapan orang yang telanjang dan tujuh orang yang menggunakan pakaian lengkap telah bersiaga di lokasi persembunyiannya.

Setelah ditunggu sekian lama dan sempat memupuskan harapan warga, terlihat tiga orang pria yang menggunakan sepeda motor matic merah memasuki lingkungannya. Ketiga orang itu merupakan bukan warga sekitar.

“Dari tiga orang, satu orang yang menggunakan jubah memasuki pekarangan milik ustaz, setelah itu melakukan ritual,” terang Matalih.

Matalih mengungkapkan, orang yang menggunakan jubah menjadi perhatian puluhan mata warga yang menyaksikan proses perubahan wujud manusia menjadi babi ngepet.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jokowi Lantik Nadiem, Bahlil, Laksana Tri, dan Indriyanto Hari Ini Rabu 28 April

Presiden Jokowi dikabarkan akan melantik 4 tokoh untuk menduduki pos kementerian dan lembaga. Pelantikan tersebut akan berlangsung hari ini, Rabu (28/4/2021).

Sosok yang akan dilantik Jokowi yaitu Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko. Dia disebut akan mengisi jabatan sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Selain Kepala BRIN, sumber itu juga menyebut Jokowi akan melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dikbud-Ristek). Mantan CEO Gojek tersebut kini menjabat Mendikbud.

Kemudian, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia akan dilantik menjadi Menteri Investasi.

Nama lain yang dikabarkan akan dilantik Jokowi adalah Indriyanto Seno Adji yang akan menjadi anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Munarman Ditangkap Polisi Mengenakan Baju Koko dan Sarung, Ini Alasannya

Sebelum digiring ke Polda Metro Jaya oleh Tim Densus 88 Antiteror Polri, pengacara Rizieq Shihab, Munarman, sempat menunaikan salat Ashar terlebih dulu. Karena itu saat dibawa petugas, Munarwan masih mengenakan baju koko putih dan sarung.

Hal tersebut diungkapkan Kikid, Ketua RT kediaman Munarman di Perumahan Modern Hills, Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (27/4/2021).

"Sempat (salat asar). Dia salat di musala rumah, jadi salat Ashar dulu baru dibawa," ungkapnya.

"Habis itu sekitar jam 3 sore, datang lagi petugas Polda yang lain. Lalu selepas azan asar dari rumah saya langsung bergerak ke rumah Pak M ini, untuk melakukan proses penangkapan," tutur Kikid.

Barulah sekitar pukul 15.30 atau 15.35 WIB, Munarman langsung digiring polisi ke dalam mobil yang sudah terparkir di depan kediamannya.

Kikid pun menyaksikan dari awal sampai akhirnya Munarman dibawa pergi oleh petugas dan Tim Densus 88. Dia menuturkan tidak ada perlawanan atau perdebatan berarti dari Munarman ketika digiring polisi.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.