Sukses

Berkaca dari India, Menkes Budi Wanti Masyarakat Tak Abai Prokes Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar masyarakat tidak terlena dengan turunnya angka konfirmasi positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan agar masyarakat tidak terlena dengan turunnya angka konfirmasi positif Covid-19. Pasalnya, dia tidak ingin yang terjadi di India, dialami Indonesia.

"Penyebabnya apa yang terjadi di India? Adalah mutasi baru, walau di Indonesia masih sedikit. Dan mereka lupa kurang waspada prokes meski vaksinasi di sana sudah tinggi jumlahnya," kata Budi saat jumpa pers di Istana Negara Jakarta, Senin (19/4/2021).

Budi menilai, langkah PPKM Mikro yang dilakukan pemerintah sudah cukup efektif menekan laju pertumbuhan Covid-19.

Selain itu, vaksinasi nasional yang terus berjalan dan ditingkatkan jumlahnya mendukung melandai kurva konfirmasi positif Covid-19 di Tanah Air.

"Kita PPKM mikro dan vaksinasi sudah dapat menurunkan konfirmasi kasus, ketersediaan bed rumah sakit, tapi kita tetap hati-hati dengan menaati prokes dan insyaallah kita jangan seperti apa yang terjadi di India," harap Budi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus di India

Saat ini, di India kembali terjadi lonjakan kasus Covid-19. Meski program vakinasi di sana berjalan masif, namun ketidakdisiplinan masyarakatnya terhadap protokol kesehatan membuat kasus kembali melonjak.

Seperti diberitakan Reuters, pada hari ini Senin (19/4) kasus harian mencapai rekor 273.810 konfirmasi positif. Sistem kesehatan dinilai tidak lagi mampu menampung pasien karena kurangnya tempat tidur di rumah-rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.