Sukses

Ma'ruf Amin Harap Ramadan Jadi Momentum Merefleksikan Diri

Ma’ruf Amin mengatakan, bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk merefleksikan diri lebih komprehensif.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, bulan Ramadan menjadi momentum yang tepat untuk merefleksikan diri lebih komprehensif, dan bisa membantu sesama di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Ma'ruf Amin pada acara Pesantren Ramadan Dokter Indonesia (Paramadia) secara daring.

"Ramadan sebagai momentum terbaik untuk me-recharge jasmani dan rohani kita, momentum untuk memperbaiki diri dan muhasabah diri, untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap sesama, dan momentum untuk meningkatkan amal saleh," kata Ma'ruf Amin seperti dilansir dari Antara, Minggu (18/4/2021).

Dia juga mengungkapkan, pemerintah dan masyarakat perlu berkhtiar baik lahiriah maupun batiniah untuk menghadapi pandemi Covid-19, terlebih di tengah bulan Ramadan ini.

"Kita harus melakukan ikhtiar lahiriah maupun juga ikhtiar batiniah, serta bertawakal kepada Allah SWT. Kunci dalam menghadapi kondisi pandemi ini adalah iman, imun, aman dan amin," ungkap Ma'ruf Amin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keimanan Diperlukan

Ma'ruf Amin menilai, perlunya keimanan kepada Allah SWT bahwa musibah seperti pandemi Covid-19 ialah takdir, yakni tidak akan menimpa umat manusia kecuali memang telah ditentukan oleh Allah.

"Iman kepada Allah, bahwa musibah tidak menimpa kita kecuali apa yang telah ditentukan oleh Allah, illa ma qadarallah, kecuali yang sudah ditentukan oleh Allah ini kita imani. Ini takdir," kata dia.

Imun yang kuat, juga diperlukan untuk dapat menjaga tubuh dari paparan infeksi COVID-19. Untuk dapat memiliki imun kuat, maka masyarakat perlu mengonsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan secara ketat juga harus dilakukan masyarakat agar mendapatkan rasa aman, yakni dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Dan juga amin, yaitu dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT," jelas Ma'ruf Amin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

  • Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.
    Ramadan adalah bulan suci umat Islam yang dirayakan dengan cara melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

    Ramadan

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Wakil Presiden