Sukses

Pengamat Birokrasi Apresiasi Penghargaan Menteri PAN-RB untuk Korlantas Polri

Liputan6.com, Jakarta Pengamat birokrasi Varhan Abdul Azis mengapresiasi penghargaan yang diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Tjahjo Kumolo kepada Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono dalam hal penegakan hukum lalu lintas melalui tilang elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang transparan.

"Kami sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan Men PAN-RB Tjahjo Kumolo kepada Kakorlantas Polri Irjen Istiono yang telah mengejawantahkan arahan Kapolri yang menjadikan program ETLE ini jadi salah satu program 100 harinya," kata Varhan yang juga Sekretaris Eksekutif Indonesia Bureacracy and Service Watch (IBSW) melalui keterangan tertulisnya, Rabu (31/3/2021).

"Penghargaan ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja kepolisian khususnya Korlantas Polri dalam penegakan hukum di lalu lintas," imbuhnya.

Menurut Varhan, sebagai Menteri yang terkait dengan masalah pelayanan publik oleh aparatur negara, Men PAN-RB sudah sejatinya memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada instansi yang memiliki komitmen dalam meningkatkan pelayanan publik. Karena jika pelayanan publik sudah semakin baik dan transparan, maka rakyat akan sejahtera.

"Kuncinya, jika pelayanan publik kita sudah baik maka kesejahteraan rakyat juga akan semakin baik. Karena dalam mengurus hal-hal administrasi seperti ijin membuat usaha, atau dalam hal ini penegakan hukum di lalu lintas sudah semakin transparan," kata Varhan. J

"Jika dalam praktik sebelumnya pelanggar lalu lintas harus mengikuti sidang tilang yang memakan waktu sampai seharian di pengadilan negeri, dengan ETLE hanya dalam hitungan menit denda sudah dibayarkan," lanjut Varhan.

Sebelumnya, Men PAN-RB Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Kakorlantas Polri dalam hal penegakan hukum lalu lintas melalui tilang elektronik atau ETLE yang transparan. Korlantas dianggap telah membuat terobosan yang transparan dan tegas dengan penegakan hukum lalu lintas melalui ETLE.

"Memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono atas komitmen dalam penegakan hukum lalu lintas dan angkutan jalan melalui tilang elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dalam rangka mewujudkan pelayanan prima dan transformasi menuju Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi)," bunyi isi penghargaan dari Men PAN-RB Tjahjo Kumolo.

 

2 dari 3 halaman

Bekerja Lebih Keras

Sementara itu, Irjen Pol Istiono mengatakan bahwa penghargaan tersebut akan dijadikan sebagai pedoman untuk lebih bekerja keras lagi dalam mewujudkan penegakan hukum di bidang lalu lintas yang transparan dan berkeadilan.

"Penghargaan ini akan dijadikan sebagai misi kami untuk terus bekerja keras lagi melengkapi apa yang belum. Karena Target kami bahwa ETLE akan tersambung di seluruh Polda di Indonesia," kata Istiono.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: