Sukses

Jokowi Tinjau Vaksinasi Covid-19 untuk 1.386 Pelayan Publik di Jawa Tengah

Sejumlah peserta vaksinasi Covid-19 tampak duduk rapi mengantre ketika Jokowi menyapa dan berinteraksi dengan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau vaksinasi Covid-19 untuk para pelayan publik di Jawa Tengah, Rabu (10/3/2021). Adapun pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah Kota Semarang.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di lokasi vaksinasi Covid-19 sekitar pukul 14.10 WIB. Dia pun langsung meninjau jalannya vaksinasi yang tengah berjalan.

Sejumlah peserta tampak duduk rapi mengantre ketika Jokowi menyapa dan berinteraksi dengan mereka.

Para peserta yang hadir tampak antusias mengikuti vaksinasi ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mereka juga mengikuti seluruh tahapan vaksinasi mulai dari validasi data, penapisan kesehatan, penyuntikkan, hingga observasi pascaimunisasi.

Dalam kesempatan ini, vaksinasi ditujukan bagi 1.386 sasaran yang terdiri dari aparatur sipil negara (ASN), dokter, pegawai BUMN, pegawai BUMD, pejabat pemerintah, hingga wartawan di Jawa Tengah. Untuk mengantisipasi banyaknya peserta, vaksinasi digelar di lantai 1 dan lantai 2 Gedung Gradhika Bhakti Praja.

Vaksinasi bagi pelayan publik merupakan tahapan kedua program vaksinasi massal nasional setelah pada tahapan pertama vaksinasi dilakukan bagi sumber daya manusia di bidang kesehatan. Tahapan kedua vaksinasi Covid-19 dimulai sejak Rabu, 17 Februari 202 di Pasar Tanah Abang Jakarta.

"Kita memulai vaksinasi untuk pelayan publik dan pekerja publik yang di dalam kalkulasi kami ada 16,9 juta yang nanti akan divaksin di seluruh Indonesia, plus 21,5 juta untuk yang lanjut usia. Ini tahapan kedua yang ingin kita kerjakan," ujar Jokowi dikutip dari siaran pers.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo menyampaikan pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan vaksinasi bagi pelayan publik di daerahnya bisa diselesaikan secepatnya. Dia menargetkan 2,2 juta pelayan publik selesai divaksin pada April 2021.

"Harapannya vaksinasi ini segera kita selesaikan, cakupannya tinggi, dan cepat. Semoga sebelum akhir tahun sebanyak 24,5 juta orang di Jawa Tengah akan kita vaksin dan semoga selesai," jelasnya.

Usai meninjau vaksinasi massal, Jokowi beserta rombongan langsung menuju ke Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Kota Semarang, untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Saat meninjau vaksinasi massal, dia didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.