Sukses

Jokowi soal Teknologi: Jangan Sekadar Membeli Proyek Terima Jadi

Jokowi meminta para menterinya untuk tidak sekedar menerima dan membeli proyek teknologi yang sudah jadi dari luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya untuk tidak sekadar menerima dan membeli proyek teknologi yang sudah jadi dari luar negeri. Dia ingin Indonesia juga ikut terlibat dalam pengembangan teknologi.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tahun 2021 dari Istana Negara Jakarta, Senin (8/3/2021).

"Kita harus memulai agar tidak sekadar membeli turnkey technology, penting sekali. Sering kita hanya terima kunci, terima jadi," kata Jokowi sebagaimana ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Menurut dia, selama berpuluh-puluh tahun, Indonesia tidak bisa membuat teknologi dan hanya menerima jadi dari negara-negara lain. Untuk itulah, Jokowi ingin kerja sama produksi teknologi dari luar negeri bisa dibagun di Indonesia.

"Akhirnya, berpuluh-puluh tahun kita tidak bisa membuat teknologi itu. Jadi, jangan sekadar membeli mesin jadi dan sekaligus bersama seluruh ahlinya. Kita harus membuat kerja sama produksi teknologi di Indonesia," katanya.

"Ini tolong digarisbawahi, harus membuat kerja sama produksi teknologi di Indonesia yang melibatkan para teknolog di Indonesia, sehingga transfer pengetahuan dan transfer pengalaman berjalan," kata Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BPPT Harus Bergerak Cepat

Jokowi menekankan, BPPT harus menjadi lembaga akuisisi teknologi maju mengingat teknologi saat ini berjalan sangat cepat.

Pasalnya, bisa saja teknologi untuk pemulihan ekonomi nasional belum diproduksi di dalam negeri.

"Jadi strategi akuisisi teknologi dari luar negeri menjadi kunci percepatan pemulihan ekononomi kita. BPPT harus mempersiapkan strategi akuisisi teknologi dari luar yang sangat bermanfaat dan bisa diimplmentasikan secara cepat," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.