Sukses

BPBD Bekasi: 7 Warga Terinfeksi Covid-19 Dievakuasi karena Banjir

Evakuasi juga dilakukan petugas BPBD Kota Bekasi di Perumahan Jatibening Permai, Pondokgede.

Liputan6.com, Jakarta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, mengevakuasi tujuh orang warga terkonfirmasi positif Covid-19, yang terjebak banjir di Komplek Mas Naga, Bintara Jaya, Bekasi Utara, Jumat (19/2/2021) pagi.

Proses evakuasi berlangsung dramatis. Petugas yang menggunakan APD lengkap, menerjang banjir sambil menarik perahu karet yang dinaiki warga terkonfirmasi positif.

"Telah mengevakuasi 7 warga terinveksi Covid-19 yang terjebak di lokasi bisa," tulis BPBD Kota Bekasi dalam keterangan di akun Instagram @bpbd.kotabekasi.

Dalam keterangan disebutkan ketinggian air berkisar 40-100 sentimeter. Banjir disebabkan luapan air Kali Bong akibat hujan deras pada Jumat dini hari. Banjir juga menyebabkan lalu lintas tersendat dan aktivitas warga terhenti.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diungsikan dengan Perahu Karet

Selain itu, evakuasi juga dilakukan petugas BPBD Kota Bekasi di Perumahan Jatibening Permai, Pondokgede. Sejumlah lansia dan balita yang terjebak banjir diungsikan menggunakan perahu karet.

Banjir di perumahan tersebut diketahui mencapai lebih dari satu meter. Hal ini disebabkan drainase yang buruk, serta letak perumahan yang merupakan cekungan dari perumahan yang terendam banjir, seperti Komplek AL dan Dosen IKIP.

Meski begitu, masih banyak warga yang memilih bertahan di lantai dua rumah. Petugas BPBD menyediakan 4 perahu karet untuk evakuasi dan memenuhi kebutuhan logistik bagi warga yang tidak mengungsi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.