Sukses

PDIP Rotasi Pimpinan Komisi VIII DPR, Ihsan Yunus Digantikan Diah Pitaloka

Diah sebelumnya berstatus anggota di Komisi VIII DPR RI, sedangkan Ihsan Yunus dipindahkan menjadi anggota Komisi II.

Liputan6.com, Jakarta - Susunan pimpinan Komisi VIII DPR RI berubah. Fraksi PDI Perjuangan DPR RI menunjuk Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Komisi VIII menggantikan Ihsan Yunus. Diah sebelumnya berstatus anggota di Komisi VIII DPR RI, sedangkan Ihsan Yunus dipindahkan menjadi anggota Komisi II.

Keputusan pergantian pimpinan itu ditetapkan dalam rapat Komisi VIII DPR RI, Senin (8/2/2021). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar.

Muhaimin membacakan surat pimpinan Fraksi PDIP bertanggal 1 Februari 2021. PDIP memindahkan alat kelengkapan dewan di Komisi VIII.

"Saudara M Ihsan Yunus digantikan oleh Saudara Diah Pitaloka," kata Muhaimin pada rapat di DPR RI, Jakarta.

Susunan pimpinan Komisi VIII DPR RI kali ini berubah. Ketua Komisi dijabat Yandri Susanto dari Fraksi PAN. Formasi wakil ketua adalah Diah Pitaloka dari Fraksi PDIP, Ace Hasan Syadzily dari Fraksi Golkar, Moekhlas Sidik dari Fraksi Gerindra, dan Marwan Dasopang dari Fraksi PKB.

"Untuk kepentingan ini apakah para anggota menyetujui susunan tersebut?" tanya dia.

"Setuju," jawab anggota Komisi VIII yang hadir.

Muhaimin kemudian mengetok palu mengesahkan keputusan tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rotasi Fraksi PDIP

Sebelumnya Fraksi PDIP merotasi alat kelengkapan dewan. Ihsan Yunus dipindahkan dari Komisi VIII menjadi anggota Komisi II. Berikutnya, Ribka Tjiptaning dipindahkan dari Komisi IX ke Komisi VII.

Johan Budi Sapto Pribowo yang berada di Komisi II pindah menjadi anggota Komisi III. Marinus Gea dari Komisi III menjadi Komisi XI. Serta, Gilang Dhielafararez dari Komisi VI menjadi Komisi III.

Rotasi itu dibenarkan oleh Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Bambang Wuryanto. "Rotasi biasa," ujarnya kepada wartawan, Selasa (19/1/2021).

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.