Sukses

Wagub DKI: Kita Harus Bersiap-siap Menghadapi Potensi Banjir dan Longsor

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan rasa duka citanya kepada beberapa daerah di Indonesia yang sedang dilanda musibah seperti banjir Kalimantan Selatan, gempa di Sulawesi Barat, banjir dan tanah longsor di Manado, Sulawesi Utara kemarin (17/1/2021).

"Kami atas nama Pemprov DKI, Pak gubernur dan saya pribadi tentu sangat prihatin dan berduka atas berbagai bencana di tanah air," kata Riza saat ditemui wartawan di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat (18/1/2021).

Untuk itu, Riza meminta warga Jakarta untuk membantu para korban bencana alam tersebut. Riza juga meminta warga Jakarta untuk mendoakannya.

"Kita harus mendoakan saudara-saudara kita, memberikan bantuan kepedulian lainnya," pinta Riza.

Riza meminta seluruh jajarannya untuk mewaspadai adanya bencana banjir serupa di Jakarta seperti yang biasanya terjadi di musim hujan. Dia meminta Pemprov DKI Jakarta untuk menjadikan bencana banjir dan longsor menjadi perhatian utama di samping pengendalian penyebaran Covid-19.

"Di Jakarta sudah memasuki musim hujan, kita juga harus bersiap-siap. Di Jakarta ini berdasarkan data ke depan, akan ada peningkatan intensitas curah hujan yang berpotensi menyebabkan banjir," ujarnya

"Banjir, longsor dan sebagainya saat ini menjadi perhatian dan kepedulian kita. Tunjukkan dan buktikan," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Upaya Pemprov DKI Cegah Banjir

Dia mengklaim Pemprov DKI Jakarta telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi banjir. Dia pun menyebutkan upaya-upaya tersebut yang menghabiskan anggaran di atas Rp 1 triliun ini.

"Berbagai upaya dan program telah kita lakukan. Mulai dari pengerukan, sumur resapan, drainase vertikal, codetan, kemudian waduk, pompa, semua program kita laksanakan. Bahkan anggaran sudah cukup besar yang kita gelontorkan," ujarnya.

Riza mengatakan, seluruh upaya yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta itu akan sia-sia bila warga Jakarta tidak mendukung program pemerintah. Menurutnya, warga perlu mendukung program pencegahan banjir yang sedang digalakkan pemerintah iou mulai dari hal paling sederhana, yakni membuang sampah pada tempatnya

"Namun demikan, kesadaran masyarakat untuk tetap waspada (banjir) dengan menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan, dan lain-lainnya ini tetap (harus) kita laksanakan dengan baik," ujarnya. 

Reporter : Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: