Sukses

Vaksinasi Covid-19 di Kota Bekasi Digelar Jumat Besok

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Bekasi, Jawa Barat, bakal digelar besok, Jumat 15 Januari 2021. Giat yang dilaksanakan di Gate 19 Stadion Patriot Candrabhaga itu rencananya dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto serta jajaran Forkopimda, disebutkan bakal ikut divaksin Covid-19 tahap pertama bersama para tenaga kesehatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Dezy Syukrawati mengungkapkan, untuk penjadwalan vaksinasi sudah diatur oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Karena yang pertama itu Pak Presiden. Selanjutnya, untuk kepala daerah tanggal 14 dan 15 Januari," kata Dezy, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, penyuntikan vaksin Covid-19 akan dituntaskan terlebih dulu untuk para tenaga kesehatan. Akan ada dua kali jadwal penyuntikan yang diberi jarak waktu dua pekan.

"Penyuntikan kedua jenjang waktunya 14 hari dari jadwal penyuntikan pertama," ujar Dezy.

Terkait mekanisme vaksinasi, lanjutnya, para penerima vaksin nantinya harus melewati empat meja yang sudah disiapkan petugas. Meja pertama untuk pendaftaran serta klarifikasi data, meja kedua untuk pengecekan riwayat kesehatan.

"Meja tiga untuk tindakan penyuntikan vaksin, dan meja empat nanti orang yang sudah disuntik akan diberikan kartu tanda suntik pertama telah dilakukan," paparnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

14.060 Vaksin Sinovac

Sebelumnya Pemkot Bekasi telah menerima sebanyak 14.060 vaksin Sinovac, Selasa 12 Januari 2021. Seluruh vaksin disimpan di UPTD Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Perumahan Bumyagara Jalan Bayan 1 Nomor 1, Mustikajaya.

Pemkot menyiapkan 120 vaksinator yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan. Selain itu ada pula tim ahli yang disiagakan untuk menangani apabila terjadi reaksi di luar normal pascavaksinasi.

Juga tersedia 120 fasilitas kesehatan yang disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Di antaranya 46 rumah sakit, 42 Puskemas, dan 32 klinik kesehatan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: