Sukses

Menkes Budi: Anggaran Vaksin Covid-19 Mencapai Rp 66-75 Triliun

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, prediksi anggaran pengadaan vaksin Covid-19 mencapai Rp 66-75 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, prediksi anggaran pengadaan vaksin Covid-19 mencapai Rp 66-75 triliun. Prediksi itu berdasarkan rencana pembelian vaksin Covid-19 dari Sinovac, Novavax, AstraZeneca, Pfizer, dan sebagainya.

"Kemarin sudah ada diskusi di kabinet dan ancer-ancer angkanya sudah dihitung oleh Kementerian Keuangan antara Rp 66-75 triliun," katanya dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (14/1/2021).

Angka itu masih bisa berubah tergantung berapa dosis vaksin gratis dari COVAX/GAVI. Sebelumnya, Indonesia dipastikan bisa mendapat sekitar 54 juta dosis. Menkes Budi menjelaskan, sedang diusahakan tambahan menjadi total 108 juta dosis vaksin.

"Tergantung berapa banyak yang kita bisa dapat dari GAVI karena dari GAVI itu gratis," ujarnya.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Vaksin Sinovac

Sementara ini, untuk vaksin Sinovac digunakan anggaran sebesar Rp 20,9 triliun. Sebab, untuk pengadaan dari produsen vaksin lainnya belum masuk dari Bio Farma.

"Anggarannya sudah ada kita masukkan, tapi itu baru sekitar Rp 20,9 triliun, usulan anggaran baru ini hanya untuk yang Sinovac saja, karena memang yang lainnya waktu itu angkanya belum sempat masuk dari Biofarma," ujar Budi. 

Reporter : Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.