Sukses

Kronologi Hilangnya Pesawat Sriwijaya SJ 182

Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan kronologi hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak.

Liputan6.com, Jakarta Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan kronologi hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak.

“Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB. Untuk itu kami turut prihatin atas kejadian ini,” kata Menhub dalam konpers daring, Sabtu (9/1/2021).

Menhub menyampaikan kronologi jatuhnya pesawat. Pertama, Sriwijaya Air SJ 182 Soeta-Pontianak take off pada pukul 14.36 WIB. Namun pukul 14.37 WIB pesawat masih berada di ketinggian 1700, kemudian diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki, dengan mengikuti standar instrumen.

Selanjutnya pukul 14.40 WIB, Sriwijaya Air tidak ke arah O75 derajat melainkan ke barat laut, oleh karenanya ditanya ATC untuk melaporkan arah pesawat.

“Tidak lama kemudian, dalam hitungan seconds, SJY 182 hilang dari radar. Manajer operasi langsung berkoordinasi dengan basarnas, bandara tujuan, instansi terkait,” kata Menhub.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Minta Maksimalkan Pencarian

Kemudian, kata Budi Karya, Presiden Joko Widodo langsung memberi arahan untuk memaksimalkan pencarian pesawat.

“Pada pukul 17.30, bapak presiden memberi arahan untuk memaksimalkan pencarian dan tentu sudah dikerahkan kapal basarnas (4 kapal), 3 kapal karet, 3. Dari TNI AL KRI. Kapal tersebut sudah di TKP,” kata Budi.

Terkait kondisi cuaca pada saat kejadian, pihaknya sedang berkoordinasi dengan BMKG. “Mohon doa restu dari seluruh masyarakat agar proses pencarian dan penyelamatan berjalan dengan lancar,” tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.