Sukses

Jubir Vaksinasi Covid-19 Tegaskan Kabar Vaksin Sinovac Buat Kelamin Membesar Hoaks

Jubir vaksinasi Covid-19 dari BPOM, Lucia Rizka Andalusia, membantah informasi yang menyebutkan vaksin Sinovac memberi efek samping pembesaran alat kelamin.

Liputan6.com, Jakarta - Jubir vaksinasi Covid-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Lucia Rizka Andalusia, membantah informasi yang menyebutkan vaksin Sinovac memberi efek samping pembesaran alat kelamin. Dia menegaskan, informasi tersebut salah alias hoaks.

"Hoaks lah. Mana ada jurnal ilmiah pakai bahasa seperti itu. Lagian vaksin kita kan bukan rekombinan," katanya dikutip dari covid19.go.id, Jumat (8/1/2021).

Lucia menilai, informasi vaksin Covid-19 Sinovac memberi efek samping pembesaran alat kelamin bersumber dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Pihak tersebut mengedit informasi vaksin Covid-19 yang diterbitkan jurnal Inggris.

Sebelumnya, akun Facebook Agus Papaa Jenggott mengunggah sebuah gambar potongan koran yang berisi narasi vaksin Covid-19 Sinovac memberi efek samping pembesaran alat kelamin.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Info yang Beredar

Gambar tersebut diunggah pada 7 Januari 2021. Berikut narasi dalam gambar potongan koran:

"Dalam sebuah jurnal terbitan Inggris misalnya, vaksin Sinovac disebutkan memberi efek samping pembesaran alat kelamin. Lelaki yang sudah disuntik vaksin buatan China tersebut disebutkan alat vitalnya memanjang sampai 3 inchi."

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.